PENGERTIAN TRITA

adsense-fallback

Makhluk sejenis malaikat yang daiam kitab suci Rigveda dikisahkan berasal dari air. Tatkala Batara Agni selesai melakukan upacara pemujaan, tiba- tiba dari arang pedupaannya yang dihanyutkan ke dalam air lahirlah tiga malaikat, yang kemudian oleh Agni diberi nama Ekata, Dwita, dan Trita. Ketiganya diberi julukan Aptya, yang berarti terlahir dari air.

adsense-fallback

Pada suatu ketika Ekata, Dwita, dan Trita mengadakan perjalanan jauh. Dalam perjalanan, ketika ketiganya merasa haus, Trita ditugaskan mencari air. Tatkala sedang menimba air dari sebuah sumur, tiba- tiba raksasa Asura mendorong tubuh Trita hingga ia masuk ke dalam sumur. Asura cepat-cepat menimbun lubang sumur dengan harapan Trita mati lemas di dalamnya. Tetapi karena berasal dari air, dengan mu-dah Trita dapat membongkar timbunan tersebut dan keluar dengan selamat.

Cerita berbeda dikisahkan dalam Kitab Nitimanjari. Suatu ketika Ekata, Dwita, dan Trita sedang mengadakan perjalanan melintasi gurun pasir yang amat luas. Di tengah pengembaraan itu mereka menemukan sebuah oasis dengan sumur di tengahnya. Trita mendapat tugas mengambil air dari sumur tersebut. Ketika Trita kembali dengan seember air, iktikad tidak baik timbul dalam benak Ekata dan Dwita. Air yang sedianya dibagi bertiga akan dibagi dua saja. Trita ditenggelamkan ke dalam sumur setelah kaki dan tangannya diikat, lalu lubang sumur ditutup dengan roda kereta. Di dalam sumur Trita berdoa sambil berusaha melepaskan diri dari ikatannya. Berkat pertolongan Batara Agni, Trita, yang terlahir dari air, dapat keluar dari sumur dengan selamat.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback