PENGERTIAN TRIKAYA

adsense-fallback

Yang secara harfiah berarti tiga tubuh, adalah tiga bentuk tubuh Budha yang terdiri atas tubuh ajaran {dharmakaya), tubuh kenikmatan (sambhogakaya), dan tubuh perubahan (nirmanakaya). Berdasarkan perkembangan konsepsinya, doktrin Trikaya agaknya bermula dari pemuliaan terhadap Budha Gotama dan ajarannya. Dalam hal ini Budha Gotama dipandang sebagai manusia yang bermanifestasi di dunia nyata dan tampak secara fisik, sehingga karena itu dapat disebut tubuh yang tampak (rupaka: ya). Kumpulan ajarannya bersifat abstrak tetapi merujuk kepada realitas yang bersifat absolut, karena itu disebut tubuh realitas atau tubuh ajaran (dharmakaya).

adsense-fallback

Karena keberadaan Budha di dunia nyata sebenarnya hanyalah keberadaan yang dimungkinkan oleh realitas atau – dengan kata lain – lahir dari realitas, rupakaya bersifat relatif dan berubah, sedangkan dharmakaya bersifat absolut dan tetap. Akibatnya pengertian rupakaya berkembang menjadi nirmanakaya yang muncul di dunia dan sambhogakaya yang dipakai Budha untuk mengajar para Bodhisattva.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback