Advertisement

Satu-satunya putri Gunawan Wibisana, adik raja Alengka, Rahwana. Nasib putri itu tidak secantik wajahnya. Ia jatuh cinta pada Laksmana yang tampan, tetapi akhirnya menikah dengan Kapi Jembawan, seekor kera tua. Dari Kapi Jembawan, Trijata mendapat anak perempuan, diberi nama Jem- bawati, yang setelah dewasa menjadi istri Prabu Kres-na, raja Dwarawati.

Pada waktu Trijata masih remaja, ia ditugasi oleh pamannya, Prabu Rahwana, untuk menjaga Dewi Sinta yang diculik di Kerajaan Alengka. Selama melayani Sinta, Trijata banyak mendengar cerita Sinta tentang Rama dan Laksmana. Trijata tertarik akan Laksamana, walau hanya dari kisah-kisah yang didengarnya. Tetapi, Dewi Sinta tak pernah bercerita bahwa Laksmana telah memotong alat kelaminnya dan bersumpah tidak akan menyentuh wanita. Akibatnya, J Trijata hanya memimpikan harapan hampa.

Advertisement

Setelah perang usai, betapa kecewa Trijata ketika ia bertemu Laksmana dan baru tahu bahwa pria pujaannya itu memang tak mungkin akan menyentuh wanita seumur hidupnya. Sementara itu, seekor kera tua tetapi sakti bernama Kapi Jembawan jatuh cinta pada Trijata. Namun ia pun tahu diri, merasa tidak sepadan jika berdampingan dengan wanita pujaannya. Karena tak sanggup menahan gejolak asmaranya, Kapi Jembawan dengan kesaktian yang dimilikinya akhirnya mengganti wujud dirinya sehingga serupa dengan Laksmana. Ia datang menemui Dewi Trijata dan memadu cinta dengannya. Perbuatan itu diketahui para dayang istana dan dilaporkan kepada Rama. Prabu Rama lalu menugasi Laksmana menangkap Laksmana tiruan itu. Sesudah tertangkap, Kapi Jembawan berubah lagi menjadi wujud aslinya, seekor kera tua.

Trijata akhirnya dinikahkan dengan Kapi Jembawan. Keputusan Rama itu selain sebagai balas budi atas bantuan Kapi Jembawan daiam perang melawan Alengka, juga karena yakin bahwa monyet tua itu mencintai Trijata dengan tulus.

Apa yang dialami Trijata ini sesuai dengan kutukan Rahwana, waktu raja Alengka itu mengetahui bahwa Trijata membantu Anoman sehingga dapat bertemu Dewi Sinta. Waktu itu Rahwana mengutuk bahwa Trijata kelak akan kawin dengan monyet tua dan jelek.

Advertisement