Advertisement

Tridharma Perguruan Tinggi, Fungsi perguruan tinggi di Indonesia adalah :

  • MelakSanakan pendidikan tinggi
  • Melakukan penelitian
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat

Ketiga hal di atas disebut sebagai Tridharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian Perguruan Tinggi di Indonesia tidak hanya ditugasi mencetak manusia yang menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga harus melakukan penelitian demi perkembangan ilmu itu sendiri. Kedua hasil kegiatan tadi harus ditujukan untuk kepentingan masyarakat

Advertisement

Tidak hanya perguruan tinggi di Indonesia saja yang harus melaksanakan tridharma perguruan tinggi, universitas di luar negeri ternyata juga diberi tanggung jawab melaksanakan :

  • teaching

creating nezo knozvledge (research), serta

  • public service

Dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dijumpai beberapa kesulitan, yaitu bagaimana cara melaksanakannya, bersama-sama dilakukannya atau satu persatu secara terpisah. Apakah setiap staf pengajar harus melakukannya ketiga-tiganya, ataukah yang ditugaskan melakukan tridharma ini institusi. Seorang staf akademik yang pandai dalam mengajar dan berkemampuan tinggi dalam mentransfer ilmu kepada mahasiswa, biasanya tidak produktif dalam bidang penelitian. Sedangkan seorang yang antusias dalam penelitian belum tentu bisa mengajar dengan baik, malahan kadang-kadang membuat bingung mahasiswa. Dengan begitu mungkin cara yang baik adalah yang pandai mengajar ditugaskan mengajar sedangkan yang senang meneliti dirangsang terus untuk meneliti.

Seorang staf pengajar yang pada waktunya harus naik pangkat sering mendapat kesukaran mengenai credit point yang berkaitan dengan bidang pengabdian kepada masyarakat. Menilai diri sendiri bahwa telah melakukan pengabdian kepada masyarakat terasa berat untuk seorang intelektual. Menilai bahwa telah mendidik mahasiswa dan menilai telah melakukan penelitian bisa dilakukan dengan obyektif, tetapi mengenai pengabdian kepada masyarakat sulit untuk obyektif.

Advertisement