Advertisement

Salah satu bangsa serangga yang diduga mencakup 18 suku dan sekitar 5.000 jenis. Nama sukunya adalah Hydroptilidae, Philopotamidae, Psychomyiidae, Polycentropidae, Hydropsychidae, Rhyacophilidae, Phryganeidae, Plectrotarsidae, Limnephilidae, Sericostamidae, Calamoceratidae, Beraeidae, Molannidae, Philanisidae, Ph i lorhei thridae, Odontoceridae,

Leptoceridae, dan Helicophidae. Jenis serangga ini terutama tersebar di belahan bumi utara. Di Eropa, serangga ini disebut caddis flies.

Advertisement

Istilah caddis bermula dari pemberian nama bagi larva serangga yang sering dipakai sebagai umpan oleh para pe-mancing pada pertengahan abad ke-17.

Bentuk tubuh anggota bangsa Trichoptera mirip ngengat (bangsa Lepidoptera). Bedanya sayap penutup Trichoptera ditumbuhi bulu atau rambut, yang kadang-kadang menebal seperti sisik, tetapi tidak pernah bersinggungan secara keseluruhan.

Ciri-ciri. Trichoptera bertubuh kecil, memanjang, dan ramping. Panjang tubuhnya 1,5-25 milimeter. Permukaan tubuhnya ditumbuhi banyak rambut. Kepalanya berambut, biasanya terdapat tonjolan kecil yang juga berambut. Mata majemuknya besar dengan atau tanpa mata tunggal (oceli). Kadang-kadang mata serangga jantan menempati hampir seluruh bagian kepala. Antenanya panjang, hingga dapat mencapai beberapa kali panjang sayap. Dalam keadaan is-tirahat, antenanya mengarah ke depan. Mulutnya tereduksi.

Bagian dadanya (toraks) terbagi atas protoraks yang kecil dan berbentuk cincin, serta mesotoraks yang terbesar, dan metatoraks yang agak pendek. Kakinya panjang dan ramping dan pada tibianya terdapat empat taji (duri). Jumlah taji pada tibia dipakai dalam penentuan marga.

Sayapnya dua pasang dan biasanya ditumbuhi rambut yang lebat. Venasi atau susunan venanya bermacam-macam, mulai dari tipe yang primitif sampai tipe yang sudah terspesialisasi dan tereduksi.

Anatomi. Saluran pencernaannya relatif pendek dengan lambung kecil. Saluran ususnya agak melingkar; dan ruang rektum atau usus besarnya melebar. Sistem sarafnya terdiri atas tiga tali saraf dada dan tujuh tali saraf badan. Testisnya merupakan kantung avoid sederhana; sedangkan ovarinya terdiri atas banyak ova- riol.

Daur Hidup. Semua stadium awal Trichoptera ber-langsung di air tawar, hanya beberapa jenis di air payau atau air asin (misalnya Philanisus sp.). Ada pula larva yang hidup di darat, di antara serasah pada lantai hutan (contohnya Enoicyla sp.).

Telurnya diletakkan pada air, vegetasi air, kayu yang mengapung, bahkan kadang-kadang jauh dari air. Telurnya dilapisi semacam lendir yang cepat menggembung bila terkena air. Massa telur, yang diselubungi lendir, berbentuk cincin yang menggantung pada substrat. Lamanya stadium telur bermacam-macam, tergantung pada suhu dan kelembapan.

Tubuh larva Trichoptera, yang dinamakan caddis worm, diselubungi semacam selubung yang terbuat dari bermacam-macam material, seperti batu, pasir, cangkang keong, ranting pohon, atau dedaunan. Material ini dilekatkan satu sama lain dengan benang sutera yang dihasilkan tubuh larva. Larva yang tidak membuat selubung hidup di bawah bebatuan atau membentuk semacam jaring-jaring sutera. Bentuk selubung dapat dipakai dalam pengklasifikasian jenis, marga, atau suku.

Larva Trichoptera dapat bersifat pemakan tumbuhan (fitofagus), pemakan hewan (karnivora), atau pemakan segala (omnivora). Biasanya, larva yang berselubung bersifat pemakan tumbuhan dan larva yang hidup bebas bersifat karnivora. Larva Trichoptera juga digolongkan dalam dua tipe umum, yaitu tipe Campodioid yang bertubuh pipih, kepala tidak membentuk sudut, jarang membuat selubung, dan tidak punya papila dan insang trachea; dan tipe Eruciform yang bertubuh bulat (silindris), kepala membentuk sudut, membentuk selubung, serta mempunyai papila dan insang trachea.

Tahap pembentukan pupa berlangsung di dalam selubung. Pupa ini bernapas dengan insang larv-i atau melalui saluran permukaan tubuh. Pupa ini memiliki mandibula yang kuat untuk merobek selubung, agar pupa dapat berhubungan langsung dengan udara luar. Pupa akan berubah menjadi imago lalu berubah lagi menjadi serangga dewasa yang aktif pada malam hari. Musuh Trichoptera adalah ikan air tawar, burung, kadal katak, dan labah-labah.

Incoming search terms:

  • ciri trichoptera

Advertisement
Filed under : Ilmu Alam, tags:

Incoming search terms:

  • ciri trichoptera