Advertisement

Atau Pulau Harta, adalah novel yang menceritakan perburuan harta karun di sebuah pulau. Novel ini merupakan karya pertama pengarang Inggris, Robert Louis Stevenson (1850- 1894). Pulau Harta pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu oleh Balai Pustaka pada masa sebelum Perang Dunia ke-2. Bentuk ringkasan novel ini berkali-kali diterbitkan setelah tahun 1970-an.

Pulau Harta ditulis oleh Louis Stevenson untuk anak tirinya, Lloyd Osbome, dan diterbitkan sebagai buku pada tahun 1883. Novel ini dengan segera menarik perhatian pembacanya.

Advertisement

Pulau Harta berkisah tentang Jim Hawkins, anak yatim belasan tahun, yang diajak mengikuti suatu ekspedisi untuk mencari harta karun seorang perompak di sebuah pulau. Rahasia letak harta karun, yang berupa sebuah peta, diperoleh Jim dari seorang langganan rumah penginapan ibunya. Bersama rombongan ekspedisi itu ikut pula serombongan bajak laut yang dipimpin oleh Long John Silver, perompak yang buntung sebelah kakinya. Para bajak laut itu menyamar sebagai anak buah kapal. Setelah mengalami berbagai kesulitan berupa pemberontakan para bajak, setibanya di pulau, rombongan ekspedisi itu berhasil mengangkat harta karun. Long John Silver kabur, namun telah berhasil menjalin persahabatan dengan Jim.

Advertisement