PENGERTIAN TRAVELLERS CHEQUE

adsense-fallback

Cek wisata, atau cek perjalanan, adalah cek yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan, dan berfungsi sebagai alat pembayaran sah pengganti uang tunai. Umumnya orang membeli travellers cheque pada waktu mereka akan mengadakan perjalanan ke luar negeri, karena lebih aman dan lebih praktis daripada uang tunai.

adsense-fallback

Pada travellers cheque terdapat dua tempat untuk ditandatangani pemegang. Satu di sebelah atas, dan satu lagi di sebelah bawah. Ketika pemegang membeli travellers cheque di bank atau pada pedagang valuta

aSjng, ia harus membubuhkan tanda tangannya pada salah satu tempat tanda tangan (biasanya yang di sealah atas). Pada waktu ia menggunakan cek tersebut seb; gai alat pembayar, atau menukarkannya dengan uang tunai, ia harus membubuhkan satu lagi tanda I tangan pada tempat tanda tangan di sebelah bawah I (countersign). Dengan demikian travellers cheque tidak dapat diuangkan oleh orang lain, dan tidak dapat langsung dipindahtangankan. Travellers cheque dikeluarkan dalam berbagai jenis mata uang, dan sebagian I besar berlaku secara internasional.

Travellers cheque merupakan bentuk alat pembayaran yang sangat populer bagi para wisatawan karena kemudahan-kemudahan yang diberikannya,  beberapa manfaat utama bagi pemegangnya: (1) pembayaran dalam perjalanan dapat dilakukan dengan mudah, cepat, praktis, dan efisien; (2) penguangan dapat dilakukan di hotel, restoran, biro perjalanan, dan bank yang ditunjuk oleh bank yang mengeluarkan travellers cheque tersebut; (3) lebih aman daripada membawa uang tunai, sebab travellers cheque yang hilang tidak dapat diuangkan oleh orang lain, dan dengan mudah dapat diganti oleh bank atau pun wakil yang mengeluarkannya; (4) penerima travellers cheque tidak perlu ragu-ragu, sebab dana di bank pasti tersedia, sesuai dengan jumlah yang tertera.

Perintis pengedar travellers cheque adalah seorang bangsawan asal Inggris bernama Thomas Cook. Ia mulai menerbitkan travellers cheque, yang waktu itu dinamai circular note, di kota New York pada tahun 1873. Alat pembayaran tersebut segera populer di kalangan pelancong, usahawan, bankir, hotel, dan agen perjalanan, karena aman dibawa bepergian dan mudah penukarannya, sehingga kemudian disebut travellers cheque. Hingga dewasa ini travellers cheque yang dikeluarkan Thomas Cook menduduki peringkat utam. dalam bisnis pengedaran travellers cheque di dunia. Salah satu kelebihan travellers cheque keluaran Thomas Cook adalah jangkauan pelayanannya yang sangat luas, dan cek ini dikeluarkan dalam 12 macam mata uang dalam berbagai pecahan.

Di samping Thomas Cook ada lagi empat penerbit travellers cheque besar yang berlaku internasional, yakni Bank of America, Citicorp, American Express, dan Visa. Kelima jenis travellers cheque ini telah cukup lama beredar di Indonesia.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback