Advertisement

Adalah penggantian organ atau jaringan tubuh yang fungsinya sudah tidak dapat dipertahankan lagi dengan organ atau jaringan sehat yang berasal dari orang lain atau tubuh sendiri. Transplantasi paling baik dilakukan bila jaringannya berasal dari tubuh sendiri, karena dengan demikian tidak akan menimbulkan masalah ketidakcocokan jaringan. Sebaliknya, transplantasi organ “%ing berasal dari orang lain, kecuali saudara kembar satu telur, sering menimbulkan reaksi penolakan yang mungkin mengakibatkan berbagai komplikasi.

Tindakan ini mulai populer sejak pertengahan tahun 1950-an, walaupun transplantasi kulit sudah dilaksanakan jauh sebelum itu. Dewasa ini transplantasi organ sudah sangat berkembang sehingga dapat dilakukan terhadap organ yang dulu tidak dapat ditransplantasikan. Jaringan dan organ yang dewasa ini dapat ditransplantasikan antara lain adalah kulit, kornea, tulang, pembuluh darah, ginjal, jantung, hati, paru, dan pankreas.

Advertisement

Hal yang masih perlu ditangani dalam masalah yang berkaitan dengan transplantasi adalah menemukan metode yang tepat untuk menguji kecocokan jaringan antara donor dan, penerima, serta mengatasi reaksi penolakan jaringan. Penyimpanan organ sehat yang akan ditransplantasikan dalam waktu yang cukup lama juga masih menjadi masalah. Dewasa ini dikenal bank jaringan dan organ untuk menyimpan bahan yang akan ditransplantasikan.

Advertisement