PENGERTIAN TRANSMUTASI UNSUR

adsense-fallback

Perubahan suatu unsur kimia menjadi unsur kimia lain. Perubahan ini merupakan salah satu cita-cita alkimia Abad Pertengahan. Sampai awal akhir abad ke-19 cita-cita ini dianggap mustahil, dan unsur didefinisikan sebagai bahan dasar semua senyawa dan unsur tidak dapat dibuat dari unsur yang lain. Transmutasi merupakan perubahan dalam inti atom unsur-unsur.

adsense-fallback

Radioaktivitas merupakan suatu cara transmutasi spontan. Dengan memancarkan partikel alfa atau beta suatu inti atom berubah menjadi inti atom unsur yang lain. Transmutasi imbasan dapat terjadi bila inti itu menangkap partikel, misalnya neutron, proton, partikel alfa dan inti-inti atom lain. Karena partikel yang ditangkap biasanya dipercepat dulu, maka inti itu disebut sasaran dan partikel itu disebut partikel pengebom. Setelah proses itu inti sasaran dapat berubah menjadi inti atom lain yang lebih berat, dapat membelah menjadi dua inti atom lain atau lebih, dan dapat berubah menjadi inti atom lain yang sedikit lebih ringan karena terserpih. Bila massa-massa inti sasaran, partikel pengebom dan hasil-hasil transmutasi tidak jauh berbeda, maka transmutasi itu disebut reaksi inti.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback