Advertisement

Disingkat TA, adalah teori yang menjelaskan perilaku individu dalam hubungan antarmanusia. Teori ini dikembangkan menjadi teknik pelatihan manajemen untuk meningkatkan kualitas komunikasi dalam organisasi. TA dikembangkan oleh Eric Berne, seorang ahli psikiatri dari Kalifornia, dalam bukunya Games People Play (1964. Berne meninggal tidak lama setelah bukunya terbit, tetapi teori TA kemudian menjadi makin populer karena karya Thomas A. Harris, l’ m O.K – You’re O.K (1971), dan Winning with People (1973).

Inti teori TA menyatakan bahwa tiap orang memiliki tiga macam status ego, yaitu: (1) status ego orang tua, yang disebut status ego “mengajar”; (2) status ego dewasa, yang disebut status ego “berpikir”; dan (3) status ego anak, yang disebut status ego “merasakan”. Ketiga status ego ini muncul atau mendominasi orang secara berganti-ganti, tergantung pada situasi dan kondisi lingkungan di sekitar orang tersebut pada waktu transaksi (interaksi terjadi). Untuk mengenali status ego mana yang paling dominan dalam suatu transaksi, orang dapat menganalisis ekspresi wajah dan gerakan tubuh, ekspresi kata-kata, serta nada suaranya.

Advertisement

Status ego mana yang paling dominan dalam diri seseorang sehari-hari ditentukan oleh masa lalunya. Orang yang pada masa mudanya terlalu dipengaruhi oleh orang tuanya cenderung dikuasai status ego orang tua atau status ego anak. Artinya ia meniru sikap orang tuanya yang selalu mau mengatur, atau ia tetap bersikap seperti seorang anak yang selalu diurusi oleh orang tuanya.

. Penekanan utama dalam penerapan teknik TA adalah membina dan mengembangkan status ego dewasa dalam pribadi masing-masing, serta mendorong agar rekan-rekan dan anak buah juga berusaha demikian. Manajer yang mampu berbuat begitu akan dapat berinteraksi secara terbuka dan objektif.

Selain untuk meningkatkan kualitas komunikasi di dalam dan luar organisasi, teknik TA juga terbukti efektif dalam mengurangi resistensi, serta mendorong partisipasi dalam pengambilan keputusan.

Incoming search terms:

  • pengertian transcatiobal analysis

Advertisement
Filed under : Psikologi, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian transcatiobal analysis