Advertisement

Adalah kendaraan bermesin yang digunakan untuk menarik, mengangkut, atau mendorong peralatan dan mesin-mesin di atas tanah. Traktor banyak dimanfaatkan sebagai penarik bajak, pengangkut hasil-hasil pertanian, pengangkut kayu gelondongan dan sebagainya.

Berdasarkan jenis peranti penggeraknya, traktor dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni: traktor beroda dan traktor perangkak. Traktor beroda biasanya memiliki dua pasang roda yang tidak sama ukurannya. Sepasang roda depan berukuran kecil, kira-kira seukuran roda mobil, dan sepasang roda belakang berukuran jauh lebih besar. Traktor beroda berbobot 1.500 sampai 7.000 kilogram dan sangat cocok digunakan sebagai pengolah tanah pertanian. Traktor perangkak digerakkan oleh rantai lempeng baja seperti tank, dan banyak dimanfaatkan sebagai perata tanah, pengeduk tanah, dan sebagainya. Pengemudian dik kukan dengan menghentikan atau memperlambat salah satu dari sepasang rantai lempeng bajanya. Karena beban berat traktor bertumpu pada permukaan lempeng baja yang luas, traktor jenis ini tidak mudah terbenam pada tanah lembek atau tanah berpasir. Traktor perangkak ini berbobot 1.700 sampai 22.000 kilogram.

Advertisement

Traktor bertenaga uap digunakan pertama kali pada tahun 1870 sebagai alat angkut kayu gelondongan. Traktor bertenaga uap ini tidak praktis karena ukurannya yang sangat besar dan pengoperasiannya yang memerlukan banyak orang. Terdorong oleh keinginan untuk memperkecil ukuran traktor, pada tahun 1889 dibuat traktor dengan tenaga yang dibangkitkan oleh mesin pembakaran dalam. Prototip traktor modern pertama kali dibuat oleh D. Albone pada tahun 1902. Saat ini banyak digunakan traktor bermesin diesel karena lebih murah harga bahan bakarnya dan menghasilkan tenaga lebih kuat.

Advertisement