PENGERTIAN TRAKEOTOMI

adsense-fallback

Suatu tindakan bedah minor pada saluran napas bagian atas (trakea), yang biasanya dilakukan untuk memberi jalan pada udara luar agar dapat masuk ke paru. Tindakan ini dilakukan pada penyumbatan saluran napas bagian atas yang dapat menimbulkan kesulitan bernapas, sehingga mengancam kehidupan. Hal ini antara lain dapat terjadi pada anak yang terserang penyakit difteri, .atau saluran napasnya tersumbat oleh makanan padat yang tersangkut.

adsense-fallback

Cara melakukannya adalah dengan membuka kulit leher di bawah jakun, sehingga akan tampak dinding trakea. Dinding tersebut kemudian dilubangi untuk keluar masuknya udara. Selama sumbatan pernapasan masih ada, lubang tersebut dibiarkan terbuka dengan pemasangan kanula atau benda sejenisnya, yang dapat terbuat dari logam, plastik, atau karet. Benda tersebut dijaga agar tidak terlepas, tidak tersumbat, dan tetap bersih. Bila banyak keluar lendir, penyedotan lendir harus sering dilakukan. Bila pernapasan telah kembali normal, kanula diambil dan lubang ditutup kembali. Tindakan ini dapat menimbulkan komplikasi ‘bila tidak dilakukan dengan hati-hati. Dengan adanya kemajuan teknologi di bidang kedokteran, trakeotomi mulai ditinggalkan dan hanya dilakukan bila tidak ada pilihan lain.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback