Advertisement

Suatu kelompok burung yang biasa hidup di daerah berair. Tubuhnya kecil dengan sayap panjang, paruh panjang dan runcing, serta ujung ekor membelah dua sepertf garpu. Burung jantan dan betinanya tidak dapat dibedakan; namun, umumnya burung jantan lebih besar daripada burung betina. Pakannya ikan kecil. Burung ini mendapatkan mang-sanya dengan cara menyelam dan menangkap ikan, lalu kembali muncul ke permukaan air dan terbang. Burung yang suka hidup berkelompok ini bermigrasi ke Jawa ketika di belahan bumi utara atau selatan berlangsung musim dingin.

Toyang bertelur hanya sebutir. Sarangnya dibuat di tepi pantai atau tanah gembur. Telurnya berwarna putih dengan bercak abu-abu dan cokelat.

Advertisement

Di Indonesia ditemukan dua jenis toyang. Toyang Cokelat mempunyai bulu mahkota berwarna abu-abu dan pada sisi matanya terdapat lingkaran putih. Seluruh bulu penutup tubuhnya berwarna cokelat gelap. Iris matanya cokelat. Paruhnya hitam. Kakinya hitam kecokelatan. Panjang tubuhnya sekitar 39 sentimeter. Di Jawa Tengah dan Karimun Jawa, musim kembang biaknya bulan Agustus. Penyebarannya meliputi daerah tropika dan subtropika serta Australia Utara.

Toyang Hitam mempunyai bulu mahkota berwarna putih dan pada sisi mata bagian bawahnya terdapat sedikit warna putih. Seluruh bulu penutup tubuhnya berwarna cokelat gelap. Iris matanya cokelat. Paruhnya hitam. Kakinya hitam kecokelatan. Panjang tubuhnya sekitar 33 sentimeter. Di Kepulauan Karimun Jawa musim kembang biaknya bulan Agustus. Penyebarannya meliputi daerah tropika dan subtropika. Lautan Pasifik, dan Lautan Atlantik.

Klasifikasi Ilmiah. Toyang termasuk suku Laridae. Nama ilmiah toyang cokelat adalah Anous stolidus dan toyang hitam A. minutus.

Incoming search terms:

  • burung toyang

Advertisement
Filed under : Ilmu Alam, tags:

Incoming search terms:

  • burung toyang