PENGERTIAN TORNADO

adsense-fallback

Suatu angin pusar berukuran relatif kecil tetapi sangat kuat. Tornado terbentuk oleh badai petir yang sangat dahsyat. Dengan suara gemuruh seperti sejumlah pesawat jet yang terbang bersama- sama, tornado akan tampak seperti corong yang turun dari gumpalan awan yang melahirkannya dan bergerak bersama awan itu, biasanya ke arah timur. Bila ujung corong itu mengenai permukaan bumi, segala sesuatu yang berada di situ akan dihancurkan. Tornado sanggup mematahkan pohon dengan diameter lebih dari satu meter, jerami akan dimampatkan menjadi kepingan kayu, ternak dan bahkan mobil dapat disedot ke atas.

adsense-fallback

Umumnya kecepatan gerak tornado sekitar 100 kilometer per jam, namun pusaran angin dalam ujung corong itu sendiri dapat mencapai kecepatan linear 300 – 1.000 kilometer per jam. Lama berlangsungnya tornado umumnya hanya beberapa menit, namun ada yang bertahan sampai beberapa jam. Daerah yang tersapu tornado biasanya hanya selebar kira-kira seratus meter dengan panjang beberapa kilometer, namun ada yang mencapai lebar 1,5 kilometer dan panjang ratusan kilometer.

Para pakar belum sependapat mengenai asal-usul energi tornado itu. Ada yang menduga tornado merupakan gabungan angin naik yang sangat kuat menuju gumpalan awan, atau jatuhnya butiran es {hail) dari gumpalan awan itu; ada pula yang menganggapnya suatu gejala elektrostatik. Yang menyebabkan tornado tampak adalah awan yang terdiri atas butiran halus air hujan, yang terbentuk (mengembun) pada daerah bersuhu rendah dan bertekanan rendah pada teras ekor corong itu.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback