PENGERTIAN TOPDAL

adsense-fallback

Atau log adalah alat pengukur kecepatan kapal. Topdal paling sederhana, yang disebut chip log, terdiri atas papan berbentuk seperempat lingkaran sepanjang kira-kira 15 sentimeter. Sisi lengkung papan itu diberi pemberat sehingga papan tersebut berdiri tegak dengan sisi lengkungnya berada di bawah. Papan tersebut diikat dengan tali yang bersimpul setiap 14,4 meter. Kecepatan kapal diukur dengan menghitung banyaknya simpul yang terulur saat kapal bergerak dalam waktu tertentu. Jika satu simpul (14,4 meter) terulur setiap 28 detik, maka kecepatan kapal itu adalah 1 knot (kira-kira 1.848 meter per jam)

adsense-fallback

Salah satu jenis topdal yang sering digunakan saat ini adalah pitometer. Pitometer, yang mulai digunakan sejak tahun 1920-an dan dikembangkan dari tabung Pitot, bekerja berdasarkan prinsip bahwa tekanan pada tabung yang bergerak di dalam air sebanding dengan kecepatan tabung tersebut. Dua bagian penting pitometer adalah tabung statik dan tabung dinamik. Keduanya terulur kira-kira 1 meter di bawah badan kapal. Tabung statik memiliki bukaan menghadap ke arah belakang kapal, sedangkan tabung dinamik menghadap ke arah belakang. Apabila kapal bergerak maju, tekanan pada tabung dinamik menjadi lebih besar dibanding tegangan pada tabung statik. Perbedaan ini diteruskan ke batang tuas melalui penekan A sehingga menyimpangkan jarum penunjuk di atas papan skala. Pegas digunakan sebagai peredam gerakan jarum penunjuk untuk mengurangi gerak osilasinya sehingga memudahkan pembacaan skala.

Kecepatan kapal, arah, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di atas kapal dicatat dalam sebuah buku yang disebut buku topdal atau buku harian kapal (log book).

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • pengertian topdal
  • Apa itu topdal
  • jelaskan defenisi dari topdal
  • pengertian tentang topdal
  • topdal apa itu

adsense-fallback