PENGERTIAN TONGKOL

adsense-fallback

Ikan yang biasa ditemukan di lautan lepas Pulau Weh, Jawa, Bali Selatan, Sulawesi Utara Ambon, Ternate, Papua Niugini, dan semua perairan hangat. Ikan ini berenang dalam suatu kawanan yang sangat besar. Anehnya, ikan ini dapat menghilang selama beberapa tahun dari suatu perairan, walaupun sebelumnya muncul dalam jumlah yang melimpah.

adsense-fallback

Tongkol termasuk ikan perenang cepat. Tubuhnya gilig memanjang (panjangnya dapat mencapai 39 sentimeter),  dengan kepala lancip dan ekor meruncing Gigi-gigi kecil dijumpai pada kedua rahangnya. Sirip punggung pertamanya terdiri atas 10 jari-jari keras Sirip punggung keduanya yang berukuran kecil terletak jauh di belakang dan semuanya terdiri atas jari- jari lemah. Di belakang sirip punggung keduanya dan sirip analnya dijumpai 6-9 sirip kecil (finlet). Warna tubuhnya biru kehijauan gelap di bagian punggung dan berangsur-angsur menjadi keperakan di bagian sisi dan perutnya. Pakannya hewan-hewan kecil atau ikan-ikan kecil.

Ikan tongkol digemari masyarakat luas, karena dagingnya lezat. Ikan ini mudah dijumpai di pasar, baik dalam keadaan segar ataupun dalam bentuk awetan, seperti pindang tongkol. Meskipun demikian, ikan laut ini belum dapat dibudidayakan. Untuk memenuhi konsumsi masyarakat, ikan ini ditangkap dari laut dengan pancing tonda, jaring insang, dll.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback