PENGERTIAN TOKSOPLASMOSIS

adsense-fallback

Suatu penyakit akibat Toxoplasma gondii, yang hidup berparasit pada kucing dan binatang sejenisnya (Felidae). Parasit ini ditemukan di seluruh dunia, terutama di daerah tropika, termasuk Indonesia. Diperkirakan 2-63 persen orang Indonesia terjangkit parasit ini, sedangkan persentase pada kucing adalah 35 – 72,7 persen, pada anjing 75,6 persen, pada babi 11-36 persen, pada kambing 11-61 persen, dan pada ternak lainnya kurang dari 10 persen.

adsense-fallback

Penyakit ini ditularkan bila orang memakan daging setengah matang yang mengandung kista parasit ini, atau hidangan yang tercemar tinja kucing yang mengandung ookista. Penularan juga dapat terjadi melalui tangan yang tercemar setelah berkebun atau memegang daging mentah, misalnya tangan tukang masak, jagal, atau penjual daging. Infeksi yang terjadi setelah kelahiran menyebabkan toksoplasmosis yang biasanya tidak disertai gejala, atau disertai gejala ringan, seperti pembesaran kelenjar limfe, demam, dan sakit kepala. Penyakit yang berat, misalnya radang otak, dapat dijumpai pada orang yang menderita ke-kurangan kekebalan.

Ibu hamil yang terkena infeksi penyakit ini dapat menularkannya kepada janin, sehingga sekitar 30 persen di antaranya akan lahir dengan menderita toksoplasmosis kongenital. Penyakit ini dapat menimbulkan keguguran, lahir mati, lahir prematur, lahir cukup bulan dengan gejala ringan sampai berat, atau lahir cacat fisik, dan cacat mental.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback