PENGERTIAN TITIK BERAT

adsense-fallback

Dalam fisika, adalah titik khayal yang dianggap tempat konsentrasi berat keseluruhan suatu benda. Konsep ini kadang-kadang sangat berguna untuk merancang suatu struktur statis, misalnya bangunan atau jembatan, dan meramalkan tingkah laku benda apabila dikenai gaya luar. Meskipun istilah titik berat banyak digunakan, titik yang sama kadang-kadang disebut juga titik massa, karena massa dan berat sebanding besarnya. Karena titik massa tidak terpengaruh oleh medan gravitasi, maka fisikawan cenderung menggunakan istilah titik massa dari-pada titik berat.

adsense-fallback

Apabila benda berada dalam medan gravitasi, bia sanya titik berat dan titik massanya berimpit. Le(a^ titik berat mungkin berimpit dengan titik tengah geometrisnya, terutama pada benda yang simetris bentuknya dan tersusun atas bahan homogen. Benda asimetris yang tersusun atas bahan tidak homogen biasanya memiliki titik berat tidak pada titik tengah geometrisnya. Pada beberapa jenis benda, misalnya benda berongga yang bentuknya tidak beraturan, titik berat terletak di luar benda itu sendiri.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • titik khayal dalam fisika yang dianggap konsentrasi berat keseluruhan

adsense-fallback