PENGERTIAN TIRANA

adsense-fallback

Ibu kota negara Albania, salah satu negara Eropa Timur. Letaknya tepat di tengah-tengah wilayah negara Albania, kira-kira 32 kilometer dari Laut Adriatik. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, ekonomi, politik, dan kebudayaan Albania. Setelah Perang Dunia II kota ini berkembang sangat pesat terutama di sektor industri. Akan tetapi bangunan-bangunan tua yang berarsitektur Ottoman masih tetap dipertahankan.

adsense-fallback

Penduduk kota ini sekitar 272.000 jiwa (1986), sebagian besar menggantungkan hidupnya di sektor industri dan sebagian kecil di sektor pertanian. Jenis industrinya antara lain adalah industri tekstil, pakaian jadi, mesin, kaca, keramik, pelapisan kayu, dan pengolahan makanan. Hasil utama di sektor pertanian adalah buah badam dan zaitun. Di samping sebagai kota industri, kota ini menjadi penghubung kota-kota di sekitarnya dengan pelabuhan terbesar di negara ini, yakni pelabuhan Durres. Hal itu disebabkan letaknya yang berada relatif di tengah negara. Meskipun telah tersedia prasarana perhubungan, hanya sedikit penduduk yang mempunyai mobil.

Kota Tirana terbentuk pada abad ke-15 dan menjadi ibu kota Kerajaan Ottoman hingga tahun 1912. Pada tahun 1920 kota Tirana ditetapkan sebagai ibu kota Republik Albania. Akan tetapi pada Perang Dunia II, republik ini dikuasai oleh pasukan Italia, dan kemudian direbut oleh pasukan Jerman. Baru pada bulan November 1944 rakyat setempat tergerak untuk membebaskan negaranya dari kekuasaan penjajah. Setelah merdeka negara ini menganut paham sosialis.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback