PENGERTIAN TIRAM-TIRAMAN

adsense-fallback

Suatu kelompok kerang laut yang bercangkang bundar sampai lonjong dan tidak simetris. Warnanya kelabu kekuningan, kehijauan sampai kehitaman. Permukaan cangkangnya kasar, berlapis-lapis, dan bergelombang; permukaan dalamnya putih dengan tepi hitam keunguan sampai hitam pekat. Hidupnya melekat di akar pohon bakau, tiang dermaga, bebatuan, karang, dan benda lain yang terdapat di perairan pantai. Sebagai kerang-kerangan, tiram ini bercangkang dua keping. Kepingan cangkang yang melekat pada benda biasanya lebih besar, tebal, dan cekung, dibandingkan kepingan lainnya yang tipis dan datar. Kelaminnya hermafrodit atau terpisah. Pada yang berkelamin terpisah terjadi penggantian kelamin; mula-mula jantan, lalu berganti menjadi betina. Induknya bertelur ratusan ribu sampai jutaan butir setiap bertelur. Pembuahannya terjadi dalam tubuh induk atau dalam air di luar tubuh induk. Telur yang dibuahi dalam tubuh akan dierami induknya dalam lembaran insangnya sampai menetas menjadi anakan tiram yang telah bercangkang. Tiram kecil ini akan disemburkan keluar dari tubuh induk, kemudian melekatkan diri pada suatu benda. Jika tidak segera mendapatkan benda untuk melekatkan diri, tiram tersebut akan mati. Sebaliknya, larva dari telur yang dibuahi di luar tubuh induk akan hidup sebagai plankton selama beberapa minggu sampai menjadi anakan tiram yang bercangkang. Setelah bercangkang, anakan tiram ini juga harus mendapatkan tempat untuk melekatkan diri. Tiram dapat mencapai umur sampai lima tahun lebih. Berbagai jenis tiram telah biasa dimanfaatkan sebagai makanan. Bahkan di beberapa negara Hropa Amerika, dan Jepang, tiram ini telah dibudidayakan dan menjadi industri pengalengan daging tiram.

adsense-fallback

Salah satu jenis tiram di Indonesia yung umum didapat dan biasa dimakan adalah tiram i-kau. Jenjs tiram ini umumnya bercangkang lonjong dan ber-warna kelabu. Permukaan dalamnya putih agak mengkilat dengan tepi ungu kehitaman; sepanjang tepi kepingan cangkang yang melekat pada substrat terdapat bintil-bintil; sedangkan pada kepingan lainnya terdapat lubang-lubang kecil. Jumlah lubang inj sesuai dengan jumlah bintil.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback