PENGERTIAN TINTA

adsense-fallback

Cairan berwarna untuk menulis, menggambar maupun cetak-mencetak. Kadang tinta berbentuk serbuk yang harus dilarutkan menjelang digunakan dan kadang berbentuk pasta. Dulu tinta tulis maupun tinta cetak terbuat dari serbuk karbon. Untuk tinta tulis dan gambar, jelaga dicampur dengan air dan gom alamiah. Untuk tinta cetak jelaga dimasak dengan minyak biji lin dan resin alamiah.

adsense-fallback

Tinta tulis modern yang dapat dicuci terbuat dari berbagai zat warna sintetis yang dilarutkan dalam air biasa. Tinta ini terhapus oleh air, kelembapan, dan kehilangan warna oleh cahaya. Tinta tulis permanen ditambahi ion besi dan asam tanat serta asam galat. Zat-zat ini bersama-sama dengan zat warna akan ber-senyawa ketika dan setelah dioleskan pada kertas, dan membentuk endapan yang sukar menghapusnya. ; Tinta modern mengalami berbagai diversifikasi setelah direka berbagai alat tulis seperti pena ball-point, pena berujung serat dan pena berujung laken. Tinta harus berupa pasta yang sukar mengalir sehingga pena tidak bocor, tetapi mudah dioleskan. Kemudian lembar yang ditulisi tidak lagi hanya kertas, tetapi juga bisa lembaran bening yang terbuat dari plastik. Masih ada satu jenis cairan yang memberi warna samar-samar (kuning, hijau, jingga, merah, dan biru), yang olesannya mempunyai peran menggarisbawahi kata atau frase penting. Contoh: pena stabilo. Kebanyakan tinta modern menggunakan air atau pelarut organik atau campuran air dan pelarut-pelarut itu. Pelarut organik itu dapat berupa toluena, propil alkohol atau propilena glikol dan eter turunan glikol. Di samping Itu digunakan berbagai resin, bahan pengawet, dan bahan pembasah (jenis detergen).

Cetak-mencetak juga mengalami banyak perubahan dan diversifikasi. Sering dituntut agar tinta yang telah dikenakan pada kertas tidak lekas mengering di dalam mesin cetak, tetapi harus segera mengering di luar mesin cetak. Bahkan padlf selembar kertas dapat dituntut bermacam-macam tinta bergantung pada maksud tulisan dan gambar pada kertas itu. Bahan yang dikenai tinta cetak juga bisa tekstil, kayu, plastik, kaca, dan logam. Tinta cetak modem umumnya berupa cairan kental, yang mengandung pigmen sintetis, bahan pengikat, pelarut, dan berbagai peramu untuk membantu proses pengeringan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback