PENGERTIAN TINJA

adsense-fallback

Sebagian besar terdiri atas air, sisa makanan yang tidak dapat dicerna, lemak, dan protein. Di samping itu tinja juga mengandung hasil pemecahan sel- sel darah merah, sehingga warnanya menjadi kecoke latan.

adsense-fallback

Jumlah tinja yang dikeluarkan oleh seorang dewasa muda sekitar 100 – 150 gram per hari. Walaupun tinja sebaiknya dikeluarkan setiap hari, banyak orang-yang- dapat menyimpannya di dalam usus besar untuk beberapa hari.

Gangguan dalam kebiasaan buang air besar dapal berupa frekuensi terlalu sering yang disertai konsistensi tinja yang lembek atau cair. Keadaan ini disebut diare atau mencret. Sebaliknya bila tinja sulit dikeluarkan karena kerasnya, keadaan ini disebut konstipasi. Perdarahan pada lambung dan usus bagian atas akan mengakibatkan tinja berwarna kehitaman seperti ter, sedangkan perdarahan pada usus bagian bawah mengakibatkan keluarnya darah segar yang menyakiti tinja. Bila terjadi sumbatan pada saluran empedu, zat yang mewarnai tinja akan tertahan sehingga tinja berwarna keputihan. Dengan demikian perubahan frekuensi buang air besar, serta konsistensi dan warna tinja dapat dipakai sebagai petunjuk tentang penyakit yang diderita oleh seseorang.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback