Advertisement

INTERBANK CLEARING INTEREST RATE / TINGKAT BUNGA KLIRING ANTARA BANK adalah TINGKAT BUNGA (INTEREST RATE) di mana BANK KOMERSIAL (COMMERCIAL BANKS) Inggris memberi pinjaman jangka pendek kepada oank lainnya. Tingkat bunga antarbank mempengaruhi bill-discounting rate (tingkat bunga bank sentral di mana bank sentral tersebut bersedia memberikan pinjaman kepada discount houses). Pada gilirannya, tingkat bunga antarbank mempengaruhi TINGKAT BUNGa (BASE RATE) yang dipakai oleh bank-bank komersial dalam menghitung tingkat bunga yang dikenakan kepada nasabahnya. Lihat juga BANK RATE.

INTEREST / BUNGA adalah biaya atas pinjaman uang. Bunga dapat dibayarkan atas sejumlah bentuk pinjaman jangka pendek dan jangka panjang termasuk PINJAMAN BANK (BANK LOANS), HIPOTIK (MORTGAGES), KREDIT CICILAN (INSTALLMENT CREDIT), SEWA (LEASING), PINJAMAN STOK (LOAN STOK), SURAT HUTANG (DEBENTURES), OBLIGASI (BONDS), SURAT-SURAT BERHARGA PEMERINTAH (TREASURY BILLS) dan SURAT PERINTAH UNTUK MEMBAYAR (BILL OF EXCHANGE) . Pemberi pinjaman menetapkan suatu TINGKAT BUNGA NOMINAL (NOMINAL INTEREST RATE) sebagai kompensasi mereka akan INFLASI (INFLATION) yang menurunkan DAYA BELI (PURCHASING POWER) dari sejumlah uang yang dipinjamkan, sehingga TINGKAT BUNGA EFEKTIF (.EFFECTIVE INTEREST RATE) atau riil memberikan hasil yang cukup kepada pemberi pinjaman atas penundaan konsumsi sekarang dan atas risiko kegagalan yang diakibatkan pemberian pinjaman uang.
Dalam istilah agregat, bunga adalah sumber pendapatan sehingga termasuk sebagai bagian dari PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME). Dalam TEORI PENAWARAN ( THEORY OF SUPPLY) , bunga adalah pembayaran atas pemakaian MODAL ( CAPITAL) sebagai suatu FAKTOR PRODUKSI (FAKTOR OF PRODUCTION). Lihat INTEREST RATE.

Advertisement

Advertisement