PENGERTIAN TIFUS PERUT

adsense-fallback

Suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhosa (atau S. /y. phi) dan S. paratyphi. Bagian tubuh yang diserang adalah usus halus, tempat kuman berkembang biak dan menimbulkan banyak luka. Keadaan penderita akan menjadi gawat bila usus pecah atau berlubang.

adsense-fallback

Gejala utama yang dirasakan oleh penderita adalah demam tinggi, terutama pada malam hari. Untuk mendiagnosis penyakit ini, di samping pemeriksaan fisik oleh dokter, diperlukan pula biakan darah, urine, atau tinja penderita untuk mengisolasi kuman. Proses pembiakan kuman tersebut dilakukan di laboratorium mikrobiologi.

Penyakit ini merupakan penyakit tropis, yangditu- larkan melalui makanan dan minuman. Angka terjadinya penyakit tifus perut di Indonesia sampai saat ini masih sangat tinggi. Kuman penyebabnya dapat ditemukan di air sungai, danau, laut, dan makanan serta minuman yang tercemar. Masa inkubasinya berlang- sung selama 7-14 hari. Pengobatan yang paling efektif adalah dengan antibiotika kloramfenikol, yang terus diberikan sampai penderita bebas dari panas selama tiga hari.

Penderita biasanya dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit agar tidak menularkan penyakit ke orang di sekitarnya. Sebagian penderita, yang telah sembuh dari penyakitnya, secara periodik masih mengeluarkan kuman melalui tinjanya. Penderita seperti ini disebut pembawa (karier, carrier).

Pencegahan terbaik adalah dengan memperhatikan higiene perorangan maupun lingkungan. Upaya ini terutama ditujukan kepada orang yang memasak dan menyajikan makanan untuk kepentingan umum, seperti di asrama, rumah sakit, kapal, dan kepada pengusaha jasa boga. Kepada mereka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah adanya pembawa. Pencegahan dengan vaksin yang tersedia saat ini ternyata kurang efektif.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback