PENGERTIAN TIC

adsense-fallback

Suatu gerakan kecil yang tak disadari dan timbul secara spontan serta berulang. Gerakan ini biasanya terjadi pada otot wajah, tetapi dapat juga terjadi pada otot bahu, leher, badan, serta otot untuk pernapasan dan bicara. Tic sulit ditahan, namun dapat dila’ kukan dengan kemauan yang sangat kuat. Namun upaya menahan tic ini biasanya hanya berlangsung sebentar karena sangat melelahkan.

adsense-fallback

Gangguan ini biasanya berkaitan dengan gangguan kejiwaan yang disebut psikoneurosis kompulsif. Penderitanya umumnya mempunyai pembawaan tertentu, nerti gangguan mental atau ketidakstabilan emosi, TIC pada anak dapat disembuhkan dengan perawatan kejiwaan, tetapi bila terdapat pada orang dewasa biaknya sulit dihilangkan.

pikenal pula tic douloureux, yaitu tic yang disetkan 0ieh kelainan pada saraf penggerak otot wajah tall saraf trigeminus. Jenis tic ini menimbulkan rasa yeri yang sangat. Hal ini dapat disebabkan oleh pegangan pada saraf tersebut.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback