PENGERTIAN TETANUS

adsense-fallback

Suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Kuman yang menghasilkan toksin sangat kuat ini menyukai luka yang kotor, dalam, dan tidak terbuka sebagai tempat hidupnya. Karena itu kuman ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui luka tusuk atau luka iris yang dalam dan kotor. Pada bayi yang baru lahir, kuman ini dapat masuk melalui luka iris tali pusat yang tidak dipotong dengan pisau steril atau yang dibubuhi bahan jeja- muan dan abu. Penyakit tetanus pada bayi yang baru lahir ini disebut tetanus neonatorum, dan merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak pada bayi.

adsense-fallback

Masa inkubasinya sangat bervariasi, yaitu 2-60 hari. Gejala yang timbul pada mulanya adalah nyeri kepala, gelisah, dan mudah terangsang. Kemudian akan timbul gejala khasnya, yaitu kejang-kejang, yang tergantung pada beratnya penyakit dapat bersifat ringan sampai berat. Bila kekejangan mengenai otot pernapasan atau otot jantung, penyakit ini dapat me- nimbulkan kematian. Sekitar 40 persen penderita te- tanus berakhir dengan kematian. Pada bayi yang baru lahir, beratnya penyakit dapat dilihat dan cepatnya gejala timbul. Bila gejala muncul sebelum hari ketu- juh setelah kelahiran, biasanya penyakit berakhir de- ngan kematian; sedangkan bila gejala timbul sesudah hari ketujuh setelah kelahiran, kemungkinan sembuh akan lebih besar.

Penyakit ini tidak menimbulkan kekebalan alami Sebagai pencegahan dilakukan imunisasi dengan tetanus toksoid (TT), yang dianjurkan pemberiannya pada bayi melalui suntikan DPT, dan pada ibu hamil. Suntikan DPT biasanya diberikan sebanyak tiga kali dengan jarak satu bulan, sedangkan suntikan TT dibe-rikan dua kali selama hamil.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback