PENGERTIAN TETANI

adsense-fallback

Sekumpulan gejala yang khas untuk hipokalsemia. Menurunnya kadar kalsium dalam darah ini antara lain disebabkan oleh hipoparatiroidisme, dan masukan atau absorpsi kalsium yang kurang. Tetani biasanya dimulai dengan kematian rasa dan kesemutan pada jari kaki dan tangan serta bibir, disusul tertariknya (fleksi) pergelangan kaki dan tangan ke arah dalam akibat kejang kaku otot. Fleksi juga terjadi pada persendian siku dan ibu jari, sedangkan jari-jari lain merentang (ekstensi) sehingga memberi posisi tangan yang dikenal sebagai “tanda Trousseau”. Kadang-kadang terjadi kejang otot saluran napas bagian atas, yang menyebabkan penyempitan saluran, sehifigga napas sesak dan berbunyi. Kejang ini jarang terjadi.

adsense-fallback

Hipokalsemia ringan dapat menyebabkan tetani laten yang dapat berlangsung sampai bertahun-tahun. Keluhan laten ini hanya berupa perasaan lemas, lekas capek dan perasaan kesemutan pada tangan dan kaki. Pada tetani laten ini gejala-gejala nyata dapat ditimbulkan melalui beberapa tes, misalnya kontraksi otot muka, khususnya bibir, dapat ditimbulkan dengan mengetok saraf fasialis, yang terdapat di depan telinga (“tanda Chovstek”). Demikian pula “tanda Trous- seau” dapat ditimbulkan dengan menekan lengan atas agar sirkulasi darah terhalang selama beberapa menit.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback