PENGERTIAN TESTAMEN OLOGRAFIS

adsense-fallback

Atau testamen tertulis sendiri, merupakan salah satu cara membuat hibah waSiat di antara tiga cara membuat hibah wasiat berdasarkan Burgerlijk Wetboek (BW). Menurut pasal 93I B W, testamen olografis harus ditulis dan ditanda- tangani oleh Sl peninggal warisan dan kemudian di- simpan seoranS n°taris dengan dua orang saksi, testamen dapat diserahkan kepada notaris dalam ke-adaan sudah tertutup, dapat pula dalam keadaan tidak tertutup dalam sampul, jadi bersifat tidak rahasia. Apabila testamen diserahkan dalam keadaan tertutup, si peninggal warisan harus menyerahkannya kepada notaris dan para saksi mencatat pada sampul bahwa sampul itu berisi testamen si peninggal warisan dengan membubuhkan tanda tangan. Kemudian notaris membuat akta tersendiri mengenai testamen ini untuk disimpan, yang dibubuhi tanda tangan notaris, para saksi, dan si peninggal warisan.

adsense-fallback

Apabila testamen diserahkan dalam keadaan tidak tertutup dalam sampul, akta penerimaan untuk disimpan oleh notaris ditulis pada testamennya sendiri dengan tulisan si peninggal warisan mengenai kemauan terakhir. Akta ini ditandatangani oleh notaris, para saksi, dan si peninggal warisan. Testamen olografis memiliki kekuatan yang sama dengan testamen lain yang dibuat di depan notaris dan dianggap terbikin pada tanggal yang tertera pada akta penerimaan oleh notaris.

Bila diperlukan, si peninggal warisan dapat meminta kembali testamennya. Sebagai pertanggungjawaban notaris, permintaan kembali ini harus dinyatakan dalam suatu akta autentik, yang umumnya berupa akta notaris. Dengan menerima kembali testamen olografis ini, hibah wasiat harus dianggap telah ditarik kembali (herroepen).

Testamen olografis dibuka setelah si peninggal warisan me inggal dunia dan diserahkan kepada Balai Harta Peninggalan (Weeskamer), serta diperlakukan seperti testamen rahasia. Selanjutnya dibuatkan proses verbal tentang pembukaan dan tentang keadaan testamen yang*ditemukan. Setelah penyerahan ini selesai, testamen itu harus dikembalikan lagi kepada notaris.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback