PENGERTIAN TESIS

adsense-fallback

Merupakan salah satu bentuk karya ilmiah yang harus ditulis bila seseorang hendak mencapai tingkatan tertentu dalam suatu bidang keilmuan. Sebagai karya ilmiah, tesis berisi usulan teori disertai argumentasi-argumentasi yang mendukungnya. Isi seluruh tesis merupakan hasil rekaan yang berasal dari penelitian dan survai yang harus dipertahankan di hadapan tim penguji dari lembaga pendidikan tinggi. Umumnya isi tesis berupa hal-hal yang mengandung pembaharuan (inovasi) tentang suatu hal atau informasi baru yang bersifat melengkapi. Oleh karena itu, tesis haruslah memuat teori yang benar-benar orisinal tentang hal-hal yang ditemuinya.

adsense-fallback

Istilah tesis sudah banyak dikenal sejak Abad Pertengahan, terutama di Eropa. Saat itu tesis dimaksudkan untuk menyatakan pendapat yang berasal dari Hegel dalam suatu bagan sederhana. Dalam konteks ini tesis diartikan sebagai preposisi atau pernyataan. Bagan sederhana Hegel yang disebut tesis dibantah oleh antitesis; sintesis berimplikasi bagi penyingkapan antitesis. Kemudian antitesis, sintesis, serta tesis dibawa ke tingkat yang lebih tinggi. Cara berpikir Hegel ini dimasukkan ke dalam kelompok metode berpikir dialektis.

Saat ini tesis diartikan sama dengan disertasi. Tesis mengenal dua macam tingkatan, yakni tesis untuk tingkat Master (S-2) dan tesis untuk tingkat Doktor (S-3).

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback