PENGERTIAN TES PERSONALIA

adsense-fallback

Kadang-kadang disebut juga les penerimaan karyawan, adalah salah satu kegiatan atau alat penunjang proses seleksi calon karyawan, alam tes personalia, para calon diwajibkan mengerjakan serangkaian soal atau instruksi yang diberikan secara lisan maupun tertulis, dan hasilnya dinilai menurut ukuran penilaian yang telah ditetapkan sebelumnya.

adsense-fallback

Tes personalia bertujuan melengkapi penilaian terhadap beberapa aspek dari calon karyawan. Pada umumnya yang dinilai dalam tes personalia adalah kecerdasan, keterampilan, kepribadian, dan minat. Pemakaian tes dalam proses seleksi secara umum dianggap lebih objektif dan lebih dapat diandalkan daripada alat-alat seleksi lain seperti surat lamaran, wawancara, maupun ijazah.

Keunggulan tes sebagai alat seleksi terletak pada alat uji yang standar, serta sistem penilaian atau pengukuran yang konsisten. Keandalan dan keabsahan hasil tes yang digunakan dalam menilai kemampuan calon karyawan masih sering diperdebatkan dan dipertentangkan oleh para pakar psikologi dan sumber daya manusia. Kesulitan yang dihadapi dalam meyakinkan publik tentang keandalan dan keabsahan tes telah menyebabkan menurunnya penggunaan tes sebagai alat seleksi karyawan di negara-negara industri maju dalam kurang lebih sepuluh tahun terakhir ini. Sebagai contoh, Bureau of National Affairs di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa hasil survai mereka menunjukkan kemerosotan pemakaian tes dari 90 persen responden dalam tahun 1963 menjadi hanya 42 persen dalam tahun 1975. Meskipun demikian, tes masih merupakan alat populer dalam seleksi calon karyawan untuk organisasi-organisasi formal.

Meskipun tidak ada angka resmi, di Indonesia penggunaan tes personalia dalam penerimaan karyawan bahkan cenderung meningkat. Banyak perusahaan keluarga, yang semula memanfaatkan cara nonformal dalam penerimaan karyawan baru, belakangan ini mulai menggunakan organisasi rekrutmen profesional, yang sebagian besar menerapkan tes dalam seleksi. Hal ini juga terbukti dengan makin banyaknya biro seleksi yang menawarkan jasa tes dan seleksi bagi perusahaan-perusahaan, terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Macam-macam Tes Personalia. Secara garis besar, tes personalia dapat digolongkan menjadi empat jenis, yakni: (1) Tes Kemampuan Kognitif; (2) Tes Kemampuan Motorik dan Fisik; (3) Tes Kepribadian dan Minat; dan (4) Tes Keberhasilan.

 

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback