Advertisement

Atau kanal adalah saluran air yang dibuat manusia dengan cara memotong dan menggali daratan untuk berbagai keperluan. Ada dua jenis terusan, yakni terusan navigasi dan terusan irigasi. Terusan irigasi digunakan untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lainnya, sedangkan terusan navigasi digunakan untuk jalan pintas kapal dan kendaraan an lainnya. Selain itu terdapat juga jenis terusan lain, y ni terusan yang aliran airnya dimanfaatkan untuk pembangkitan tenaga listrik.

Pada masa lalu, terusan dibuat terutama untuk pengairan di berbagai pusat kebudayaan kuno, misalnya Cina, Mesir dan Babilonia. Bangsa Mesir Kuno pernah membuat terusan navigasi mengelilingi air terjun di Sungai Nil kira-kira pada tahun 4000 sebelum Masehi. Kira-kira pada waktu itu pula, bangsa Babilonia membangun terusan navigasi sekaligus irigasi di wilayah yang subur antara Sungai Tigris dan Eufrat. Terusan Besar di Cina mulai dibangun sejak kira-kira lahun 500-an sebelum Masehi, namun sampai tahun 1200 Masehi belum juga selesai. Kaisar Kubilai Khan (meninggal tahun 1294) dianggap sebagai orang yang menyelesaikan pembangunan Terusan Besar termasuk pengerukan 1.600 sungai. Bangunan terusan berpintu yang pertama dibuat oleh bangsa Cina sekitar tahun 900-an.

Advertisement

Terusan-terusan penting di Eropa dibangun pada tahun 1 100 sampai tahun 1200-an di wilayah-wilayah Belgia dan Nederland sekarang. Canal du Midi, terusan di Perancis vang selesai di bangun tahun 1681, memungkinkan kapal berlayar dari Laut Tengah menuju Teluk Biscay melalui Tolouse dan Sungai Garro- ne. Saat ini, terusan tersebut hanya dapat dilalui oleh tongkang kecil dan lalu lintas wisatawan.

Terusan navigasi terbagi menjadi dua golongan, yaitu terusan yang berfungsi mempersingkat jalur pelayaran dan terusan yang berfungsi membantu kapal masuk atau keluar dari suatu pelabuhan. Terusan Suez (lihat SUEZ, TERUSAN), terusan Panama (lihat PANAMA, TERUSAN) dan terusan Kiel merupakan terusan yang menghubungkan dua wilayah lautan dan berfungsi mempersingkat jalur pelayaran. Di pihak lain, terusan Houston, terusan Manchester, dan terusan Laut Utara di Amsterdam merupakan terusan yang digunakan untuk mempermudah keluar atau masuknya kapal menuju pelabuhan.

Advertisement