PENGERTIAN TERONG

adsense-fallback

Suatu kelompok tanaman anggota marga Solatium yang umumnya berupa terna, perdu, atau pohon kecil semusim atau tahunan. Biasanya, tanaman ini dilengkapi duri yang melengkung atau tegak, bulu sederhana, rambut kelenjar, atau rambut bintang. Daunnya yang sangat bervariasi bertepi rata sampai berlekuk dan berselang. Perbungaannya muncul di ujung ranting (namun kemudian biasanya berada di samping karena adanya kuncup ketiak), berupa tandan, serta hampir membentuk payung atau malai. Bunganya mempunyai kplopak melonceng atau berbentuk roda, kadang-kadang membesar dan membungkus buah. Mahkotanya berbentuk bintang, roda, atau melonceng, dan berwarna ungu, merah lembayung, putih, kuning atau biru. Buahnya buni, bulat atau bulat telur. Bijinya yang banyak.

adsense-fallback

Banyak jenisnya yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia.

Terong Ngor berupa perdu berduri banyak. Buah-nya seperti telur merpati berwarna hijau berbintik- bintik putih; buah masaknya merah kekuningan. Buah tersebut kadang-kadang dimasak sebagai sayur; sedangkan buah yang masih mentah dipakai untuk menggosok panau atau jerawat. Bijinya yang dipanggang dan dihaluskan digunakan untuk obat sakit gigi dengan cara menempelkannya pada gigi yang sakit. Seduhan akarnya berkhasiat sebagai obat penyakit kelamin, pelancar air seni, dan penawar racun. Air perasan akarnya dipakai sebagai obat tetes pada hidung yang bernanah. Akar itu juga digunakan sebagai pembangkit nafsu makan pada gajah.

Terong Susu berupa perdu semusim yang tingginya 1 -2 meter. Perdu ini berambut panjang atau berambut bintang. Durinya jarang, tegak dengan panjang 1,5 sentimeter, berwarna jerami, serta menempel pada batang dan daun. Buahnya kuning atau jingga dengan ujung menyerupai puting susu. Di Jawa, tumbuhan yang diduga dibawa masuk dari Amerika ini sekarang ditanam sebagai tanaman hias.

Terong Tenang berupa perdu semusim yang batang, tangkai daun, kedua permukaan daun, tangkai bunga, dan kelopaknya berduri tajam berwarna jerami. Mahkotanya berbentuk bintang dan berwarna putih. Buahnya bulat pipih dengan daging buah agak manis; bila masak, buahnya berwarna jingga cerah sampai merah tua. Buah ini dapat dimakan setelah dipanggang lebih dulu; campuran remasan buahnya dengan minyak dipakai untuk obat kurap dan kudis. Bijinya yang dikeringkan, lalu dibakar dan ditumbuk halus, kemudian diisap dengan rokok, berkhasiat sebagai obat bagi penderita hidung bernanah; sedangkan tumbukan akarnya menyembuhkan sakit gigi. Tumbuhan ini ternyata beracun bagi kuda. Kini terong tenang yang diduga dibawa masuk dari Amerika tumbuh liar di Jawa.

Terong Perat berupa perdu kecil yang ditemukan di Dunia Lama bagian tropika dan beberapa tempat di pantai. Buahnya berwarna kuning dan enak dimakan.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback