PENGERTIAN TERNIFINE

adsense-fallback

Tempat ditemukannya sisa-sisa manusia purba jenis Pithecanthropus erectus. Lei .iknyadj dekat desa Palikao, 17,5 kilometer sebelah timur Mascara, Oran, Aljazair. Situs ini terdapat di bukit pasir besar, yang pada kala Pleistosen merupakan danau artesis. Selain fosil manusia purba, ditemukan jUga fosil hewan dan alat batu. Penemunya adalah C. Arambourg dan R. Hoffstetter pada tahun 1954 dan 1955.

adsense-fallback

Temuan manusia purbanya berupa rahang bawah, gigi, dan tulang pendinding. Ciri-cirinya, antara lain, tengkorak rendah dengan ukuran mendekati temuan darT Swanscombe; rahang berukuran besar, tebal dan kekar, baik pada laki-laki maupun perempuan; hampir tak ada dagu; lengkung gigi berbentuk parabolik; sudut rahang tumpul dan membulat; terdapat ketong- gosan; gigi sama dengan gigi manusia dengan tingkat keausan berat dan ada kerutan. Dasar tengkorak lebar dan muka sangat lonjong.

Temuan fosil hewan kebanyakan menunjukkan jenis hewan yang sudah punah dan beraneka, dari lingkungan sabana tropis, misalnya kuda sungai, gajah, zebra awal, badak, unta, beberapa macam antelop dan sejumlah pemakan daging, macan bergigi pedang, babi, babun raksasa; fauna tersebut termasuk Fauna Ethiopia.

Temuan alat-alat batu, antara lain, kapak penetak, kapak perimbas, kapak genggam, serpih, kapak genggam primitif dengan tajaman bermuka dua, penyerut, kapak kecil dengan tajaman melengkung yang menunjukkan asal dari industri Acheul II. Bahan dari kuarsit dan batu pasir, tetapi kadang-kadang batu api dengan mutu sangat rendah.

Pertanggalannya, berdasarkan fauna dan indus-trinya, menurut Arambourg, berasal dari awal kala Pleistosen Tengah.

Afinitasnya dengan Pithecanthropus dari Zoukou- dian, Cina.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback