Advertisement

Adalah dua batang logam berlainan jenis yang salah satu ujungnya saling disambungkan, dan biasanya dimanfaatkan untuk mengukur suhu atau membangkitkan tenaga listrik.

Apabila sambungan termokopel dipanasi, pada ujung-ujung bebasnya timbul tegangan listrik. Gejala ini disebut efek Seebeck karena ditemukan pertama kali oleh Thomas Johann Seebeck. Termokopel yang baik untuk pengukuran suhu biasanya adalah sambungan platina-rodium, besi-konstantan, atau temba- ga-konstantan. Termokopel platina-rodium merupakan jenis yang paling akurat dibanding yang lain tetapi mahal harganya. Selain itu termokopel jenis ini hanya menghasilkan tegangan 10 mikrovolt setiap derajat Celsius dibandingkan dengan termokopel lain yang mampu menghasilkan 40 sampai 50 mikrovolt setiap derajat Celsius. Termokopel untuk pengukuran suhu kebanyakan mempunyai jangka pengukuran 200°C sampai 1800°C. Termokopel yang dibuat dari silikon karbida dan grafit dapat digunakan untuk Mengukur suhu yang lebih tinggi lagi. Pemanfaatan termokopel sebagai pengukur suhu mempunyai berbagai keuntungan, di antaranya adalah kemampuannya mengukur dari jarak yang relatif jauh dengan Perantaraan kabel. Sebagai pembangkit tenaga listrik termokopel cocok digunakan di daerah terpencil.

Advertisement

Meskipun tenaga yang dihasilkan relatif kecil tetapi pembangkit listrik dengan termokopel mempunyai keunggulan, yakni tidak diperlukan perawatan yang rumit seperti pembangkit tenaga-Iistrik lainnya.

Pada tahun 1834, seorang fisikawan berkebangsaan Perancis, Jean Charles Athanase Peltier, menemukan gejala yang berbalikan dengan efek Seebeck. Apabila pada salah satu ujung bebasnya dipasang satu sam-bungan lagi dan pada ujung-ujungnya dipasang baterai, maka salah satu sambungan akan menjadi panas, sedangkan sambungan lain menjadi dingin. Efek ini dapat dimanfaatkan untuk membuat pemanas dan pendingin ruangan. Lemari es dengan termokopel pernah dibuat pada tahun 1960-an. Sejenis termokopel yang digunakan untuk pengukuran suhu rendah adalah termopil. Termopil sebenarnya adalah beberapa termokopel yang disambung deret agar menghasilkan tegangan listrik yang lebih besar.

Advertisement