PENGERTIAN TERMOGRAFI

adsense-fallback

Secara umum adalah teknik deteksi yang mengubah energi panas menjadi gambar tampak. Alat yang digunakan disebut termograf, sedang kan gambar yang dihasilkan disebut termogram.

adsense-fallback

Termograf membuat pola penyebaran panas de- ngan jalan mengindera energi panas yang dikeluarkan oleh suatu objek. Energi panas, yang disebut jUga energi inframerah, diradiasikan secara alami oleh se- mua objek. Semakin panas objek tersebut, semakin banyak energi panas yang diradiasikan. Di dalam termograf suatu transduser mengubah energi panas yang diterima menjadi isyarat listrik yang kemudian ditayangkan di layar monitor. Perbedaan panas pada permukaan objek tampak sebagai perbedaan warna atau tingkat kecerahan pada layar monitor.

Dalam bidang pengobatan, termografi digunakan antara lain untuk mendeteksi keberadaan tumor payudara. Di dalam termograf, tumor tampak sebagai bintik dengan tingkat kecerahan lebih tinggi atau warna yang berbeda dari sekelilingnya. Dengan prinsip yang sama termograf dapat pula mendeteksi kelainan-kelainan pada tubuh manusia akibat terjadinya penyumbatan aliran darah.

Dalam bidang percetakan, termografi adalah proses pembuatan cetak timbul pada suatu media cetak. Dalam teknik termografi, bubuk damar disemprotkan ke lembaran kertas dan mengumpul membentuk pola- pola cetak seperti yang diharapkan. Selanjutnya kertas ini dilewatkan ke suatu pemanas untuk merekatkan bubuk damar itu pada permukaan kertas, sehingga tampak gambar atau pola cetak yang diinginkan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • pengertian termografi

adsense-fallback