PENGERTIAN TERINDAK

adsense-fallback

Suatu kelompok burung anggota mendu-menduan yang memiliki bulu penutup tubuh berwarna gelap. Ekornya relatif panjang dengan ujung berwarna putih. Habitatnya hutan primer dan hutan sekunder di daerah dataran rendah. Perilakunya tenang, hanya suaranya saja yang sering terdengar. Pakannya serangga. Ada beberapa jenis terindak.

adsense-fallback

Terindak Besar mirip terindak kecil dalam warna bulu penutup tubuhnya. Namun, ukuran tubuhnya lebih besar dan bulu ekornya lebih panjang. Panjang tubuhnya sekitar 50 sentimeter. Di Indonesia burung ini dapat dijumpai di Sumatra dan Pulau Kangean.

Terindak Kadru mempunyai ukuran tubuh dan warna bulu hampir sama dengan terindak kecil, hanya bulu pada bagian perutnya berwarna kadru. Selaput oelangi matanya putih kebiruan. Kulit di sekeliling Ratanya berwarna tengguli. Paruhnya hijau dan kakinya nilajada. Di Indonesia, terindak kadru tersebar di Sumatra dan pulau di sekitarnya, serta Kalimantan, perindak Kecil mempunyai bulu kepala, leher, dan un2gung berwarna kelabu. Bulu penutup tubuh bagian bawahnya kelabu kecokelatan. Bulu sayap dan “kornya berwarna hijau tua metalik. Ujung bulu ekor- nVa berwarna putih. Kulit di sekeliling matanya ber-warna merah padam. Paruhnya hijau. Selaput pelangi matanya putih kebiruan. Kakinya kelabu kebiruan, panjang tubuhnya sekitar 35 sentimeter. Daerah penyebarannya meliputi Semenanjung Malaya, Sumatra, dan Kalimantan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback