Advertisement

Sekelompok cairan hitam atau cokelat tua, bersifat seperti minyak dan kental, yang diperoleh terutama dengan penyulingan destruktif kayu, batu hara, dan minyak bumi. Bila ter didestilasi terus, akan diperoleh residu yang sangat hitam dan disebut pek (pitch). Namun awam di Indonesia biasa menggunakan kata ter atau tir untuk keduanya (tar dan pitch).

Ter batu bara atau ter tanur-kokas suhu tinggi, berupakan ter industri terpenting, yang diperoleh dari embunan uap yang dibebaskan ketika kokas dibuat dari batu bara bitumen. Bila ter ini didestilasi fraksio-

Advertisement

nal, akan diperoleh fraksi-fraksi yang komposisinya bergantung pada jenis batu bara yang digunakan. Lebih dari ,200,senyawa diisolasi dari ter batu bara ini. Senyawa ini, banyak di antaranya senyawa aromatik, diolah Iebih lanjut menjadi bahan yang berguna, misalnya: desinfektan, zat warna, parfum, plastik, bahan kedap-air, dan obat sintetis.

Dalam proses membuat gas berenergi tinggi dari batu bara, diperoleh uap yang mudah mengembun menjadi ter sebagai hasil samping. Ter ini disebut ter penggasan batu Bara.

Ter minyak bumi adalah hasil samping pembuatan gas dari minyak bumi maupun fraksi pengilangan minyak bumi. Lihat ASPAL.

Ter kayu merupakan hasil samping penyulingan- kering kayu dalam membuat arang dari kayu. Di sini digunakan kayu keras dan kayu beresin. Ter ini merupakan sumber metanol, cuka kayu, minyak pinus, dan terpentin. Minyak pinus digunakan dalam pembuatan desinfektan, dalam pembuatan detergen industri, dan dalam proses pengapungan bijih zink dan timbel.

Incoming search terms:

  • pengertian ter

Advertisement
Filed under : Teknologi, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian ter