PENGERTIAN TEPI BARAT SUNGAI YORDAN

adsense-fallback

Wilayah sempit di sebelah barat Sungai Yordan dan Laut Mati di Yordania. Luasnya 5.200 kilometer persegi, memanjang dari Danau Tiberia sampai Laut Mati. Sebelum tahun 1950, Tepi Barat Sungai Yordan ini bersama tepi timur dan beberapa wilayah lain bernama Palestina. Setelah Perang Arab – Israel 1948, Raja Abdullah menyatukan daerah ini dan beberapa daerah lain menjadi satu. kerajaan, yaitu Yordania. Tetapi pada perang Arab – Israel (1967) wilayah ini dikuasai orang Israel sampai sekarang (199i). Penduduknya yang berjumlah sekitar 1.075.000 jiwa (1991) sebagian besar merupakan pengungsi Palestina. Sebagian besar penduduk bermata pencaharian di bidang pertanian dan sebagian lagi di sektor industri minyak bumi.

adsense-fallback

Wilayah Tepi Barat Sungai Yordan ini mempunyai sejarah yang sangat panjang. Kota-kota terkenal di wilayah ini adalah Samaria, Yeriko, Bethlehem, Yerusalem, Nabulus, dll. Catatan sejarah dimulai ketika kota Yeriko muncul (8000 SM), dan diikuti oleh kota-kota lain di tepi Sungai Yordan. Kota-kota kecil ini kemudian menjadi wilayah kekuasaan bangsa Judah, Israel, Suriah, Mesir, dan Persia. Alexander Agung (332 SM) dan penguasa Romawi (63 SM) pernah menaklukkan daerah Yordan. Pada masa pemerintahan Romawi, di daerah inilah Yesus lahir di Bethlehem dan wafat di Yerusalem. Setelah Yesus wafat dan di bawah pemerintahan Kaisar Konstantin (313) agama Kristen berkembang sangat pesat. Tiga abad kemudian (636) wilayah ini ditaklukkan oleh bangsa Arab. Penaklukan wilayah yang mencakup kota Yerusalem tersebut sangat penting artinya bagi pemeluk Islam, sebab Nabi Muhammad saw mi’raj dari kota ini. Pada tahun 1099 di wilayah Tepi Barat terjadi Perang Salib antara pemeluk agama Islam dan pemeluk agama Kristen di Eropa. Sejak tahun 1517 wilayah ini dikuasai Kaisar Ottoman (Turki), selama sekitar 400 tahun.

Pada tahun 1914-1918, Sharif Husein dan Feisal anaknya dibantu oleh Sekutu melawan Turki. Direncanakan bahwa Feisal akan menjadi raja Suriah, dan Abdullah, saudara Feisal, menjadi raja Irak. Setelah Turki kalah dan wilayah-wilayah ini dibebaskan, Dewan Tertinggi Sekutu (negara-negara pemenang Perang Dunia I) menyerahkan tanggung jawab wilayah Palestina, demikian pula Irak, kepada Inggris, sementara Lebanon dan Suriah menjadi jajahan Perancis. Feisal diusir dari Lebanon dan Suriah oleh Perancis, namun oleh Inggris ia dijadikan raja Irak. Sementara itu Abdullah dibujuk Inggris untuk menjadi emir Transyordania.

Pada tahun 1917 Inggris mengumumkan Deklarasi Balfour yang isinya menjanjikan tanah air bagi bangsa Yahudi di Palestina, tetapi juga menjanjikan Palestina bagi bangsa Arab. Seusai Perang Dunia II, Israel telah terbentuk, tetapi negara Palestina untuk bangsa Arab belum ada. Ketika orang Yahudi semakin bertambah di wilayah ini, dan situasi politik tidak stabil, pecah perang antara bangsa Yahudi dan bangsa-bangsa Arab, dengan Inggris ikut terlibat di dalamnya. Meskipun di berbagai front bangsa Arab mengalami kekalahan, tentara Raja Abdullah berhasil merebut dan mempertahankan Tepi Barat terikut bagian kota tua dari Yerusalem. Raja Abdullah mengintegrasikan wilayah ini bersama semua wilayah Transyordania menjadi Kerajaan Yordania. Namun pada tar-i n 195] Abdullah terbunuh di Yerusalem, dan mulai i usaha Israel berekspansi ke wilayah Yordania, Mesir dan Suriah, dan tahun 1967 Israel merebut Tepi Barat Sungai Yordan dan menguasai seluruh Yerusalem.

Pada tahun 1974 Raja Hussein, cucu Abdullah, menuntut wilayah Tepi Barat Sungai Yordan agaj kembali menjadi satu Kerajaan Yordania. Bersama- sama pemimpin negara Arab lainnya Raja Hussein mengusulkan agar Israel menarik mundur pasukannya dan sebagai gantinya sebagian wilayah “tepi barat” diberikan untuk membentuk negara Palestina endiri. Namun tuntutan itu sampai kini belum diterima, bahkan pada tahun 1982 ketika orang Arab mengadakan demonstrasi terhadap pendudukan Israel di wilayah Tepi Barat, mereka disambut dengan pembunuhan massal oleh tentara Israel.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback