Advertisement

Berusaha untuk memberikan secara umum gambaran perubahan-perubahan perkembangan penduduk pada suatu negara yang penduduknya berubah dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industrialis. Perubahan tersebut digambarkan sebagai berikut: dari segi kematian per. ubahan ini ditandai oleh penurunan yang cukup tajam yang berlangsung terus-menerus. Penurunan tingkat kematian ini disebabkan oleh pengaruh peningkatan ilmu pengetahuan tentang kesehatan dan perbaikan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Setelah proses penurunan tingkat kematian terse- but berlangsung untuk beberapa waktu, tingkat kelahiran mulai menunjukkan gejala menurun. Penurunan tingkat kelahiran dan kematian akan berlangsung searah, dengan tingkat kelahiran mengikuti penurunan tingkat kematian. Pada akhirnya tingkat kematian akan mencapai suatu keadaan yang untuk sementara tidak akan turun lagi; gejala tersebut akan diikuti oleh tingkat kelahiran yang juga tidak turun lagi.

Advertisement

Tingkat kematian dan kelahiran yang sudah tidak turun lagi akan menurunkan tingkat pertumbuhan penduduk, sehingga tingkat pertumbuhan penduduk akan mencapai tingkat keseimbangan seperti pada keadaan mula-mula tetapi dengan tingkat kematian dan tingkat kelahiran yang jauh lebih rendah.

Advertisement