Advertisement

Teori Historis, Saripati teori historis atau teori evolusionistis atau v,radualistic theory ini ialah bahwa lembaga-lembaga sosial tidak thbuat, tetapi tumbuh secara evolusioner sesuai dengan kebutuhan¬kebutuhan manusia. Sebagai lembaga sosial yang diperuntukkan guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia, maka lembaga- . lembaga itu tidak luput dari pengaruh tempat, waktu dan tuntutan¬tuntutan zaman.

Teori historis diperkuat dan telah dibenarkan oleh penyelidikan-penyelidikan historis dan ethnologis/anthropo-logis dari lembaga-lembaga sosial bangsa-bangsa primitif di benua Asia, A Erika, Australia, Amerika. Perlu ditambahkan bahwa pada saat ini Icori historislah yang umum diterima oleh sarjana-sarjana ilmu politik sebagai teori yang paling mendekati kebenaran tentang asal¬mula negara.

Advertisement

Sekalipun teori-teori historis pada umumnya mencapai persesuaian faham mengenai pertumbuhan evolusionistis dari negara, namun dalam beberapa hal masih juga terdapat perbedaan pendapat. Umpamanya pertanyaan, apakah yang mendahului negara itu keluarga dan suku yang didasarkan atas sistem kebapakan ataukah yang didasarkan atas sistem keibuan? Atau bagaimanakah peranan faktor-faktor kekeluargaan, agama, dan lain-lain dalam pembentukan negara? Dalam hal-hal seperti ini belum terdapat persesuaian paham.

 

Advertisement