Advertisement

Adalah satuan militer dengan personel yang lazimnya tidak memiliki ikatan kewar- ganegaraan pada pihak yang berkepentingan dengan operasi militer tersebut; motivasi keterlibatannya terutama adalah uang bayaran. Namun motivasi lain juga menjadi landasan eksistensi dua korps satuan tentara sewaan yang terkenal, yakni Resimen Legiun Asing Perancis dan Resimen Gurkha Tentara Kerajaan Inggris.

Tentara sewaan telah cukup lama dikenal dalam kehidupan kemiliteran masyarakat Barat sejak Revolusi Perancis abad ke-18. Pada waktu itu, Tentara Nasional Perancis yang relatif besar jumlahnya mengalahkan tentara-tentara sewaan profesional negara- negara yang dihadapinya. Semangat kuat mereka dimotivasi oleh hasrat membela negara dan bukan uang sewaan. Pola awal tentara warga negara ini di kemudian hari menjadi pola umum tentara nasional, tentara tetap, nyaris di setiap negara modern dunia.

Advertisement

Tetapi fenomena tentara sewaan tersebut tetap hidup hingga kini dalam dua tipe, yakni (1) sepenuhnya sewaan, independen dari kaitan dengan suatu negara; atau (2) terintegrasikan dengan tentara reguler suatu negara.

Tipe pertama biasanya diorganisasi untuk mengemban kepentingan yang bersifat swasta.

Tipe kedua biasanya diorganisasikan atas prakarsa dan juga mengemban kepentingan pemerintah resmi suatu negara, akan tetapi dinyatakan beroperasi di bawah bendera negara tersebut atau memiliki kaitan nonformal dengan negara tersebut. Misalnya dalam dasawarsa 1970-an Amerika Serikat menyerahkan kepada sebuah perusahaan swasta tugas menyediakan pelatih bagi Angkatan Bersenjata Arab Saudi. Perusahaan swasta Amerika Serikat tersebut merekrut veteran-veteran Vietnam, yang setelah diorganisasi dengan baik terbukti menjadi tim pelatih yang amat BAIK.

Advertisement