Advertisement

Suku bangsa,¬†Sukubangsa adalah golongan sosial yang khusus, yang askriptif (ada sejak kelahiran), yang sama coraknya dengan golongan umur dan jenis kelamin. Kekhususan dari sukubangsa dari sebuah golongan sosial ditandai oleh ciri-cirinya, yaitu: diperoleh secara askriptif atau didapat begitu saja bersama dengan kelahirannya, muncul dalam interaksi berdasarkan atas adanya pengakuan oleh warga sukubangsa yang bersangkutan dan diakui oleh sukubangsa lainnya. Merupakan ciri-ciri yang umum dan mendasar berkenaan dengan asal mula manusia, yang digunakan sebgai acuan bagi identitas atau jatidiri pribadi atau kelompoknya yang tidak dapat dengan seenaknya dibuang atau ditiadakan, walaupun dapat disimpan atau tidak digunakan dalam interaksi berlaku. Karena ciri-ciri tersebut melekat seumur hidup bersamaan dengan keberadaannya sejak lahir (Barth 1969: 9-38 dan Suparlan, 1999). Di Indonesia terdapat banyak sekali sukubangsa atau kclompok etnis yang menggunakan tidak kurang dari 300 dialek. l’opulasi penduduk Indonesia sekarang ini diperkirakan 210 juta. Dari jumlah tersebut diperkirakan 50% nya beretnis Jawa. Mereka adalah kekuatan dominan dalam birokrasi, militer, dan politik Indonesia. Tiga orang mantan Presiden Indonesia, hanya satu orang saja yang bukan orang Jawa. Kira-kira 75% posisi pengambil keputusan di dalam militer Indonesia berada di tangan orang Jawa. Kampung halaman orang Jawa adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. 1.1tnis Sunda juga ditemukan di Jawa (Jawa Barat), tapi jumlah mereka hanya 14,5 % dari populasi keseluruhan bangsa Indonesia. Indonesia adalah salah satu dari negara di dunia ini yang memiliki hanyak suku bangsa, bahasa, agama dan budaya. Oleh karena itu Indonesia dapat dikatakan sebagai negara yang rawan terjadi disintegrasi bangsa.

Pulau-pulau di luar Jawa yang sering disebut kepulauan luar, didiami oleh etnis minoritas, seperti suku Makasar-Bugis (3,68 %), I3atak (2,04 %), Bali (1,88 %), Aceh (1,4 %) dan suku-suku lainnya. Mereka mendiami daerah-daerah tertentu sehingga mereka dapat dikenali dari daerah mana asalnya. Etnis Tionghoa hanya berjumlah % dari populasi Indonesia, tetapi mereka menyebar ke seluruh kepulauan Indonesia. Mayoritas dari mereka bermukim di perkotaan. l’erlu juga diingat bahwa Indonesia adalah negara agraris. Sekitar 80 ” penduduknya tinggal di daerah pedesaan dan hanya 20 % dari penduduk Indonesia tersebut tinggal di perkotaan (Leo Suryadinata, 1999:152).

Advertisement

Penduduk terpadat di Indonesia adalah pulau Jawa sekitar 65 dari penduduk Indonesia tinggal di pulau ini. Jawa dianggap ,ehagai konsumen sebagian besar pendapatan Indonesia, sedangkan kepulauan luar Jawa adalah produsen. Oleh karena itu dapat elimengerti mengapa politik Indonesia sering dikaitkan dua isu: dominasi orang Jawa dan distribusi pendapatan yang tidak merata antara Jawa dan diluar pulau Jawa. Dapat juga dikatakan bahwa Jawa merupakan pusat kegiatan politik Indonesia (Leo Suryadinata, I 999:152).

Karena Indonesia dikatakan sebagai negara yang memiliki hanyak suku bangsa, maka Indonesia dianggap sebagai negara yang an konflik. Scbagai contoh, pertentangan antara warga di Ambon yang sampai sekarang ini belum dapat diselesaikan. Perkelahian antara suku Madura dan Dayak di Kalimantan Barat, dan daerah¬daci all lain yang juga mempunyai kasus yang sama.

 

Advertisement