PENGERTIAN SUKU BANGSA TOMINI

adsense-fallback

Mendiami sebagian wilayah Kabupaten Donggala, Propinsi Sulawesi Tengah. Wilayah asal mereka kini merupakan wilayah Kecamatan Tomini, Kecamatan Tinombo, dan Kecamatan Moutong. Menurut Sensus Penduduk tahun 1930, jumlah orang Tomini adalah 29.000 jiwa. Ca-tatan yang lebih akhir menunjukkan jumlah orang Tomini di tiga kecamatan tersebut pada tahun 1977 sebesar 82.569 jiwa. Catatan Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, ini tertuang dalam buku Pengaruh Migrasi Penduduk terhadap Perkembangan Kebudayaan Daerah Sulawesi Tengah (1980). Jumlah tersebut terbagi dalam tiga kecamatan dengan perincian: Kecamatan Tomini (28.61 1 jiwa), Kecamatan Tinombo (29.150 jiwa), dan Kecamatan Moutong (24.808 jiwa).

adsense-fallback

Orang Tomini memiliki bahasa sendiri, yaitu baha-sa Tomini. Mereka umumnya memeluk agama Islam. Mata pencaharian pokoknya bertani jagung dan padi sawah. Penghasilan lain adalah hasil ramuan rotan dan damar dari hutan.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback