PENGERTIAN SISTEM SENJATA NUKLIR TRIAD

adsense-fallback

Adalah tiga unsur sistem senjata nuklir strategis milik Amerika Serikat dan Uni Soviet. Sistem senjata yang hampir sama juga dimiliki oleh Kerajaan Inggris, Perancis, India, Israel, dan RRC. Sistem senjata ini terdiri atas unsur-unsur: (1) pesawat pembom antarbenua dengan bom-bom nuklirnya; (2) persenjataan peluru kendali balistik nuklir antarbenua (ICBM = Inter Continental ” Ballistic Missile); dan (3) peluru kendali balistik nuklir pangkal laut (SLBM = Sub-marine Launched Ballistic Missile), yang diluncurkan oleh kapal-kapal selam bertenaga nuklir.

adsense-fallback

Tiga unsur sistem senjata nuklir melahirkan sebutan Triad. Ketiga unsur Triad tersebut masing-masing memiliki kelebihan strategis/taktis, sehingga setiap komponen merupakan kebutuhan vital.

(1) Pesawat Pembom Nuklir memiliki kelebihan bahwa perintah pembomannya masih dapat dibatalkan setelah pesawat mengudara dan memasuki wilayah lawan. Armada pembom juga dapat menghindari penghancuran akibat serangan nuklir lawan dengan mengudara selama mungkin, atau berpindah ke lokasi yang lebih aman.

(2) ICBM memiliki kelebihan reaksi serbu yang relatif pendek, yakni dalam bilangan detik sejak serangan nuklir diputuskan. Tingkat kesiagaan yang sangat tinggi ini diimbangi akurasi daya serbu yang tinggi pula.

(3) Armada Kapal Selam Nuklir dengan SLBM, dengan menyelam dan bergerak terus-menerus, menjadi tidak diketahui lokasinya, dan dengan demikian memiliki tingkat kelestarian strategis yang paling besar di antara ketiga gelar persenjataan Triad Nuklir.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback