PENGERTIAN SIMPANSE

adsense-fallback

Suatu kelompok orang utan yang hidup di Afrika. Binatang ini mempunyai bentuk tubuh yang memungkinkannya berjalan dengan empat kaki, namun dapat juga berjalan tegak seperti manusia, di atas kedua kaki belakang, misalnya ketika membawa pakan. Binatang ini mempunyai kaki depan, atau lebih lazim tangan, lebih panjang daripada kedua kaki belakang.

adsense-fallback

Pakan utamanya tumbuhan, dengan pakan tambahan serangga, terutama rayap. Di padang sabana, biiu- tang ini berburu mamalia, misalnya babi. Cara hidupnya tidak sama dengan gorila; simpanse membentuk kelompok dengan komposisi selalu berubah-ubah. Sarangnya terletak di atas pohon; binatang ini mempunyai kebiasaan berak di samping dan di sekitar sarangnya.

Kemampuan berjalan simpanse sekitar 6-8 jam h’iri Geraknya lebih lincah di daratan daripada di ^e,|v>n Bila diserang binatang buas, binatang ini meian mengambil posisi dengan menggantung- nada pohon dan meraih cabang pohon yang jip ikai sebagai alat bela diri.

Simpanse tergolong binatang dengan siklus re-duksi relatif lambat. Masa buntingnya 216-261 hari atau sekitar delapan bulan. Bobot bayi yang baru dilahirkan 1.800-2.200 gram. Bayi itu diasuh dan disusui induknya hingga mencapai umur 2-3 tahun. Setelah masa laktasi berakhir, ovulasi akan terjadi kembali dan simpanse dapat bunting kembali. Anak v-,nrr dilahirkan hanya satu ekor, kadang-kadang kem- : telah anak lahir, biasanya cairan amnion dan ; i ii y a dimakan oleh induknya, sedangkan tali pusarnya dipotong sendiri. Anak simpanse belajar bermain pada umur satu tahun, dan pada umur dua tahun tampak aktif. Anak simpanse berumur lima tahun kadang-kadang masih kembali pada induknya, dan biasanya akan berpisah dengan induknya pada masa pubertas. Umur reproduksinya 7-9 tahun, dan umur dewasanya 12 tahun.

Ada dua jenis simpanse yang dikenal sekarang dan keduanya hidup di Afrika, yaitu simpanse besar dan siivnonse kerdil.

Simpanse Besar. Panjang tubuhnya 70- 92,5 sentimeter. Pada waktu berdiri, tinggi simpanse jantan mencapai 1,7 meter, sedangkan yang betina 1,3 meter. Tangannya panjang dan lebih ramping dibandingkan gorila; kakinya panjang dan mempunyai jari besar. Pada simpanse muda, kulitnya akan menjadi gelap sesuai dengan peningkatan umur dan rambutnya cokelat sampai hitam. Pada simpanse tua, rambut di kepala dan punggungnya tampak abu-abu dan putih. Alat kelamin betina yang sedang berahi tampak igkak kemerahan, sehingga menyulitkan un- iiiK uuduk.

Simpanse Kerdil. Tubuhnya lebih kecil, lebih langsing, dan lebih lemah gemulai daripada simpanse besar. Warna rambutnya cokelat sampai hitam dengan warna kemerahan pada bagian bibir dan bagian cambang.

Klasifikasi Ilmiah. Simpanse termasuk bangsa Primata, anak bangsa Simiae, suku Pongidae. Nama ilmiah simpanse besar Pan troglodytes dan simpanse kerdil P. paniseus

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback