PENGERTIAN SIMETRI

adsense-fallback

Mempunyai beberapa makna. Simetri suatu benda adalah hubungan antara bagian-bagian benda itu yang menunjukkan adanya kesebandingan, keserasian, keberimbangan, dan bahkan keindahan. Dalam matematika, simetri dijelaskan oleh unsur-unsur simetri, atau operasi simetri. Operasi simetri terhadap sebuah benda adalah tindakan yang dilakukan terhadap benda itu sehingga diperoleh benda “baru'” yang identik dengan benda “asli”, artinya kita tidak melihat suatu perubahan jika hanya mengamati benda itu sebelum dan sesudah operasi tersebut.

adsense-fallback

Ada lima operasi simetri. Tiga di antaranya akan jelas dari contoh berikut. Segi tiga sama sisi dapat diputar 120° dengan tetap pada bidangnya dan akan diperoleh segi tiga yang identik. Ini adalah simetri putar. Bila segi tiga itu dibalik (seperti orang membalik telur yang digoreng) dengan salah satu garis bagi sebagai sumbu pembalikan, juga akan diperoleh segi tiga yang identik. Ini pun simetri putar. Bila bujur sangkar ABCD dipertukarkan titik sudutnya: A dengan B dan C dengan D, akan diperoleh bujur sangkar baru yang identik dengan yang lama. Operasi ini adalah operasi pemantulan, seakan ada cermin tegak lurus pada AB maupun CD dan memotong kedua sisi ini tepat di tengahnya. Bujur sangkar yang identik juga akan diperoleh bila A dipertukarkan dengan C dan B dengan D. Ini adalah operasi inversi dengan titik tengah bujur sangkar itu sebagai titik inversi. Dua operasi simetri yang lain adalah: operasi identitas, yaitu dengan membiarkan benda itu; dan operasi putar-pan- tul. Yang terakhir ini agak sukar dihayati oleh awam dan jarang ditemukan dalam hidup sehari-hari, namun molekul banyak senyawa memiliki simetri putar-pan- tul ini. Misalnya molekul gas rawa (metana), CH4, yang berbentuk bidang empat teratur, mempunyai suatu sumbu tertentu; bila molekul itu diputar 90° mengitari sumbu itu dan kemudian dipantulkan pada cermin yang melewati inti atom karbon dan tegak lurus pada sumbu itu, akan diperoleh kembali molekul yang identik dengan sikap yang identik.

Berpadanan dengan operasi simetri terdapat unsur simetri, yaitu titik, garis, atau bidang yang mendefinisikan simetri tertentu, misalnya titik inversi, garis (sumbu) putar, dan bidang pantul.

Di dalam sains, terutama fisika dan kimia, dikenal asas simetri yang berlaku pada banyak hal. Menurut asas ini ada gejala ataupun hukum alam yang tetap berlaku meskipun terhadap koordinat sistem telah dilakukan suatu operasi simetri. Asas ini dapat dikelompokkan sebagai: simetri geometris (simetri relativistik dan simetri pantulan), simetri aljabar dan simetri jenis lain.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback