Advertisement

Dalam ilmu ukur ruang, adalah bentuk tiga dimensi yang dibatasi oleh dua bentuk sama dan sebangun yang terletak pada dua bidang datar yang sejajar, dan garis-garis lurus yang menghubungkan titik-titik berpadanan dari kedua bentuk ini. Definisi lain berbunyi: silinder adalah permukaan yang dilukis oleh garis-garis lurus yang digerakkan sejajar dengan mengikuti suatu lengkungan datar. Lengkungan ini disebut direktriks, sedangkan garis-garis lurus sejajar itu disebut unsur.

Bentuk penampang lintang silinder akan menentukan jenis atau nama silinder. Penampang lintang diperoleh dengan memotong silinder itu dengan bidang datar yang tegak lurus unsurnya. Maka di samping silinder biasa, dikenal silinder eliptis. parabolik, hi- perbolik, dll. Bila direktriks itu bukan suatu lengkungan melainkan suatu segi banyak, bentuk yang diperoleh disebut prisma.

Advertisement

Tinggi silinder adalah jarak antara kedua bidang direktriks. Volume silinder adalah luas lengkungan kali tinggi. Luas dinding silinder tegak adalah panjang lengkungan kali tinggi. Silinder tegak adalah silinder yang unsurnya tegak lurus terhadap bidang direktriks.

Advertisement