PENGERTIAN SIKLOID

adsense-fallback

Dalam ilmu ukur, adalah lengkungan datar yang dilukis oleh sebuah titik, yang terletak pada jari-jari atau perpanjangan jari-jari sebuah lingkaran yang menggelinding menyusuri suatu garis lurus. Titik itu dapat terletak tepat pada keliling lingkaran, dapat di dalamnya, dan dapat pula di luarnya. Bila terletak pada keliling, bentuk yang terlukis disebut sikloid biasa. Bila titik itu terletak di dalam lingkaran, lengkungan itu disebut sikloid prolat, bila titik terletak di luar lingkaran, lengkungan disebut sikloid kurat.

adsense-fallback

Bila sikloid biasa ditengadahkan sehingga busur menghadap ke bawah, akan kita peroleh irisan sebuah wajan dengan beberapa keistimewaan. Partikel, yang berayun di dalam wajan ini karena pengaruh gaya berat semata-mata, akan mempunyai waktu ayun yang tidak bergantung pada amplitudo ayunnya. Sifat ini menyebabkan sikloid ini disebut tautokron.

Bila harus ditarik garis (lengkung ataupun lurus) antara titik tertinggi dan titik dasar wajan yang terbuat dari sikloid yang ditengadahkan itu, maka bila sebuah partikel dibiarkan jatuh bebas tanpa gesekan dari titik tertinggi ke titik dasar, ternyata sepanjang bentuk sikloid itulah partikel itu akan paling cepat sampai. Bentuk semacam ini disebut brakiskron.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback