PENGERTIAN SIKEREI

adsense-fallback

Adalah dukun orang Mentawai yang dianggap mampu berhubungan dengan roh-roh yang tinggal di sekitar kita. Sikerei sekarang hanya ada di pedalaman Siberut dan Sipora. Mereka mengobati penyakit, di samping meramal dan bertindak sebagai shaman. Dalam mengobati suatu penyakit, sikerei selalu berupaya untuk berkomunikasi dengan roh-roh karena mereka percaya bahwa penyakit disebabkan oleh roh-roh tertentu. Selain itu ia juga membua: ramuan obat dari tumbuh-tumbuhan serta menarikan tarian sakral ketika mengobati orang yang sakit.

adsense-fallback

Untuk menjadi sikerei – bisa laki-laki atau perempuan – seseorang harus melalui beberapa tahap peristiwa, seperti tiba-tiba mengalami trance, atau memperoleh petunjuk lewat mimpi, dan lain-lain. Yang mengetahui tanda-tanda bahwa seorang “terpilih” sebagai calon sikerei adalah seorang sikerei. Sesudah mendapat pertanda tertentu si calon dibimbing oleh sikerei senior selama beberapa hari untuk mem pelajari segala hal yang harus diketahui dan dikuasai oleh seorang sikerei. Selama tiga hari tiga malam sang guru menyanyikan mantra-mantra dan membunyikan lonceng sambil menyekakan daun-daunan tertentu ke tubuh muridnya agar roh-roh tidak mengganggu serta mendapatkan roh-roh pelindung. Bila selesai masa pendidikan itu, si murid dilantik oleh sikerei sibale, tertua di wilayahnya. Dialah yang memberikan , n yang harus dimiliki seorang sikerei. yaitu placanan yang terdiri atas gelang pangkal lengan (ei- leqat bailak), rangkaian bunga di kepala (leilei), jambul dari ekor ayam jantan (bebeget), kain berhias untuk ikat pinggang (lailai), dan seraut bambu yang dihiasi bulu ayam (giring-giring). Setelah dilantik lewat satu upacara, sikerei baru harus melalui masa punen – yaitu masa ia melakukan pantangan terhadap beberapa hal – selama dua hari untuk berdialog de- nean roh pelindungnya.

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

Incoming search terms:

  • pengertian sikeri

adsense-fallback