PENGERTIAN SIFILIS

adsense-fallback

Atau lues, suatu penyakit kelamin yang disebabkan oleh Treponema pallidum. Penyakit ini terutama ditularkan melalui hubungan kelamin. Perjalanan penyakitnya menahun dan melewati berbagai stadium. Stadium akhir mungkin baru muncul 30 tahun setelah terjadinya infeksi, sedangkan stadium primer, sekunder, dan tersier dipisahkan oleh masa bebas gejala yang lamanya berbeda-beda.

adsense-fallback

Setelah masa tunas 3-4 minggu, muncul kelainan primer berupa benjol atau luka dengan dasar yang keras dan tidak terasa nyeri. Kelainan ini akan sembuh sendiri dalam waktu 2-6 minggu, yang kemudian diikuti fase bebas gejala selama 2-3 bulan. Pada stadium sekunder ditemukan kelainan di seluruh tubuh, yang akan sembuh dalam 2-6 minggu dan diikuti dengan masa bebas gejala selama beberapa tahun. Selama itu, dalam tubuh beberapa penderita langsung proses menuju ke bentuk sifilis yang lebih berat, yaitu sifilis tersier. Dalam stadium ini yang terutama terserang adalah sistem pembuluh darah dan saraf. Banyak gejalanya merupakan manifestasi gangguan saraf dan otak.

Penyakit sifilis terutama ditularkan melalui kontak langsung, karena kuman penyebabnya sangat peka terhadap lingkungan kering di luar tubuh manusia. Kuman juga dapat ditularkan lewat transfusi darah, terutama jika digunakan darah segar langsung dari donor yang tanpa diduga ternyata sedang menderita. Penyimpanan darah pada suhu 4°C selama 72 – 96 jam dapat melenyapkan kuman sifilis. Kuman yang terdapat di dalam peredaran darah seorang ibu yang hamil dapat menembus tembuni dan masuk ke dalam peredaran darah bayi di dalam rahim. Peristiwa ini terutama terjadi pada triwulan kedua masa kehamilan, dan mengakibatkan cacat bawaan, keguguran, atau bayi lahir mati.

Diagnosis penyakit sifilis dipastikan dengan ditemukannya kuman sifilis dalam cairan pada kelainan kulit yang terdapat pada stadium primer dan sekunder Stadium ini merupakan masa yang sangat infek- tiL terutama bagi orang yang bergaul intim dengan penderita. Dalam membantu menegakkan diagnosis sifilis, pemeriksaan darah secara serologis, misalnya tes VDRL, TPHA, atau Wasserman akan sangat ber- Bercak-bercak merah pada kulit seluruh tubuh penderita sifilis stadium kedua. Treponema pallidum, kuman penyebab sifilis. Dalam pengobatan penyakit ini, penisilin masih tetap merupakan obat pilihan.

 

var dd_offset_from_content = 40;var dd_top_offset_from_content = 0;var dd_override_start_anchor_id = "";var dd_override_top_offset = "";

adsense-fallback